GEBER UMKM (Gerakan Bersama UMKM) dalam Mentoring UMKM Menuju Next Level

  • Bagikan

JAKARTA,NUSANTARAPOS,  –  Terhitung  setahun  sudah  terlewat  dengan  kondisi  pandemi,  banyak  sekali  muncul masalah dan hambatan yang dialami oleh para pengusaha UMKM di Indonesia. Hal tersebut tentu tidak bisa  dibiarkan karena  harus  bangkit  dan  kembali  menaikkan  UMKM  di  perekonomian Indonesia ini.

Berangkat dari latar tersebut HR Academy membentuk HR-UMKMNaikKelas dan bersama Kementrian Koperasi dan UKM RI serta YESPRENEUR mengadakan kegiatan webinar yang bertujuan untuk membuka wawasan kepada para pelaku UMKM bahwa adanya wadah UMKM ini yang bertujuan untuk membantu para pengusaha UMKM untuk naik kelas. Acara yang merupakan kolaborasi dengan program Kementrian Koperasi dan UKM RI ini bertajuk “GEBER UMKM (Gerakan Bersama UMKM) dalam Mentoring UMKM Menuju Naik Kelas”.

Webinar ini dihadiri langsung oleh Deputi Bidang Mikro Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Eddy Satria, Pakar Kebijakan Publik, Ahmad Nur Hidayat, CEO & Coach HR Academy, Founder HR-UMKMNaikKelas, dan Penggagas YESPRENEUR, Coach Wulan, serta para Mentor Praktisi Branding, Sanusi dan Praktisi Pemasaran, Zaenal Arifin.

Dengan memiliki binaan pelaku UMKM lebih dari 3000 anggota, maka HR-UMKMNAIKKELAS yang merupakan wadah dari para pelaku UMKM ini melakukan inisiasi GEBER UMKM dalam Mentoring UMKM Menuju Next Level ini.

“Saya setuju bahwa masalahnya UMKM ini adalah =dak dapat mendapatkan pendampingan dalam menjalankan usaha, sehingga mereka masih terus berada di sektor Informal. Padahal dengan pendampingan maka pelaku UMKM dapat masuk ke sektor formal”, ujar Wulan yang juga mengamini dari pernyataan Bapak Nur Hidayat ,Pakar Kebijakan Publik.

Dirinya juga menelaskan bahwa HR Academy mempunyai banyak binaan dan banyak pelaku UMKM yang masuk ke dalam gabungan caoaching yang semakin lama semakin banyak sehingga kami membuat sebuah wadah yang kita sebut sebagai HR-UMKMNaikKelas. “Kami tahu bahwa masalah UMKM itu masalah pendampingannya dan melihat banyaknya temen-temen yang kesulitan sehingga inisiasi ini lahir untuk mencetak para mentor,” jelas Coach Wulan selaku founder dari HR-UMKMNaikKelas ini sendiri.

Peresmian GEBER UMKM diresmikan oleh Deputi Mikro Kementrian Koperasi dan UKM RI,Eddy Satria. Dalam sambutannya, Eddy sangat gembira dengan inisiasi dari lembaga HR Academy dengan wadah UMKM nya yakni HR-UMKMNaikKelas. Dia pun mendukung bahkan meresmikan GEBER ini yang dilakukan HRUMKM bersinergi dengan YESPRENEUR.

“Mentoring memang sangat diperlukan, target kami harus bisa seluruh pelaku usaha ini memiliki Mentor, dan tentunya saja Kemenkop UKM akan mendukung dan mendorong agar para mentor yang lahir dari GEBER UMKM ini agar bisa berkolaborasi dengan semua dinas-dinas di wilayah”, ujar Eddy.

Dirinya melanjutkan, nantinya akan ada banyak program-program pemerintah yang berkaitan dengan UMKM mulai dari pendampingan, pelatihan, kurasi, serta berbagai kesempatan untuk lebih naik kelas bagi yang ekspor. “Kita juga maksimalkan seluruh kemudahan perlindungan dan pemberdayaan UMKM sesuai dengan APBN no. 7 turunan dari UU Ciptaker antara lain mengisi 30% ruang publik di infrastruktur beberapa lokasi seperti stasiun, bandara, rest area akan diusahakan diisi oleh UMKM,” ujarnya.

Acara ini juga dilengkapi dengan adanya pelatihan pertama dari serangkaian pelatihan mentoring lainnya yang akan diadakan oleh HR-UMKMNaikKelas mendatang. Acara ini juga disiarkan secara langsung dari Youtube dan Facebook HR Academy yang setelah acara selesai akan dipos=ng sebagai siaran ulang agar masyarakat tetap dapat mengambil ilmu yang ada selama acara berlangsung.

  • Bagikan