DAERAH  

Komunitas Mahasiswa Katolik Nias Utara Deklarasikan Pelayanan Pastoral

Kepulauan Nias, Nusantarapos – Mahasiswa merupakan cendekiawan yang terus diisi dengan pelbagai pengalaman positif. Pengalaman positif dimaksud tidak hanya melalui pengalaman teoritis melainkan melalui pengalaman praktis. Dewasa ini, mahasiswa sebagai kaum muda perlu diisi sejuta pengalaman baik terutama dalam hal kerohanian. Hal itu dilakukan oleh Komunitas Mahasiswa Katolik (KMK) Nias Utara melalui pelayanan pastoral di Gereja Katolik Santu Fidelis Paroki Santa Maria Bintang Kejora Lahewa, Minggu (09/05/2021). 

KMK Nias Utara yang berdiri sejak tahun 2018 itu, melibatkan diri sepenuhnya sebagai petugas liturgi dalam Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Pastor Alexius F. Telaumbanua, OFMCap. Mereka terdiri dari mahasiswa STP Dian Mandala Gunungsitoli, mahasiswa Katolik STIE PEMBNAS (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pembangunan Nias) dan mahasiswa Institut Keguruan dan Ilmu Pengetahuan (IKIP Gunungsitoli) yang berasal dari Nias Utara.

Gizakiama Hulu selaku Pembina KMK Nias Utara menyampaikan,” Kegiatan seperti ini, kita sudah mulai sejak dibentuknya KMK Nias Utara dengan mengabdikan diri untuk kepentingan Gereja yang ada di wilayah Nias Utara. Tidak hanya melibatkan diri sebagai petugas-petugas liturgi, tetapi juga berkiprah di bidang-bidang sosial lainnya untuk ambil bagian di dalamnya sesuai kemampuan para mahasiswa. Lebih lanjut disampaikan, melalui kegiatan KMK Nias Utara mahasiswa dibentuk tidak mampu berteriak di jalanan namun bergerak dan bekerja untuk aksi-aksi nyata. Kami juga dari KMK Nias Utara mengucapkan terima kasih banyak kepada Pastor Paroki, Dewan Pastoral Paroki Inti (DPPI), Dewan Pastoral Stasi Inti (DPSI) dan segenap umat karena telah memberi kesempatan untuk merayakan iman di tempat ini,” tambahnya.

Emanuel Hia sebagai tokoh umat menyampaikan, “Kegiatan KMK Nias Utara hari ini kami sambut baik. Injil hari ini menekankan tentang “sahabat” maka kalian sebagai KMK Nias Utara sekaligus menjadi sahabat kami. Memang dunia teoritis dan dunia praktis cukup berbeda, makanya sebagai mahasiswa perlu dibekali secara terus menerus serta belajar, belajar dan belajar sehingga menjadi generasi penerus Gereja dan Bangsa ini ke depan. Melalui kehadiran kalian tentu menambah semangat kami di tempat ini. Karena itu, KMK Nias Utara perlu lanjutkan program-program pada masa-masa yang akan datang,” imbuhnya.

Kegiatan ini diawali dengan Perayaan Ekaristi yang dimulai 08.30 WIB dan ditutup dengan ramah tamah. Tidak hanya itu, KMK Nias Utara juga memberi cenderamata sebagai bentuk kenang-kenangan. (ARB)