DAERAH  

Basarnas Masih Cari Pemancing Tenggelam di Sungai Klawing Purbalingga

Purbalingga, Nusantarapos.co.id – Basarnas Cilacap Diterjunkan membantu pencarian seorang Pemancing yang dikabarkan tenggelam di sungai Klawing yang berada di Desa Peniron Kecamatan Bojongsari Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah, Minggu (16/5/21).

MKepala Pencarian dan Pertolongan (KPP) Basarnas Cilacap, I Nyoman Sidakarya dalam berita tertulisnya mengatakan, bahwa Basarnas Cilacap pertama kali mendapat informasi dari Toyib anggota RAPI Purbalingga, sekira pukul 17.00 WIB.

Menurutnya, sebelum tenggelam, korban bersama dua rekannya sedang memancing di sungai Klawing sekitar pukul 15:20 WIB.

“Dikarenakan cuaca yang panas, kemudian korban bersama rekannya berenang ke tepi sungai, kedua rekan korban berhasil sampai tepian sungai. Namun nahas salah satu dari mereka tenggelam terbawa arus sungai,” terang Nyoman.

“Mengetahui salah satu rekan mancingnya tenggelam, rekan yang selamat sampai tepi sungai langsung melaporkan kejadian tersebut ke pihak berwajib setempat, serta diteruskan ke Basarnas Cilacap,” ucap Kepala KPP.

“Atas laporan kejadian yang kita terima, selanjutnya kita berangkatkan satu regu Tim SAR ke lokasi kejadian, lengkap dengan peralatannya seperti dua unit rescue car, satu set alat selam, alat komunikasi, APD Covid, dan peralatan pendukung lainnya,” jelas Nyoman.

Pencarian sudah dilakukan oleh tim SAR gabungan yang ada di Kabupaten Purbalingga, namun sampai sore belum membuahkan hasil.

Sesuai rencana operasi, Basarnas Cilacap akan melakukan pencarian esok hari, karena tim yang diberangkatkan dimungkinkan sampai lokasi malam.

“Untuk rencana operasi pada Senin (17/5/21), akan dimulai pada pukul 07:00 WIB, akan kita lakukan penyisiran menggunakan perahu karet, serta penyisiran dari darat, tidak menutup kemungkinan, jika arus bersahabat kita lakukan upaya penyelaman di sekitar lokasi kejadian,” jelas Nyoman.

Korban bernama Cahyo (16) warga RT.11/06 Desa Galuh, sedangkan kedua rekannya yang selamat masing-masing bernama Nur Fajar (15) warga RT.15/06 Desa Karangbanjar, dan Tegar (15) warga RT.13/07 Desa Matenggeng Kecamatan Bojongsari Kabupaten Purbalingga.

Unsur SAR gabungan yang terlibat terdiri dari Basarnas Cilacap, BPBD Kabupaten Purbalingga, Koramil Bojongsari, Polsek Bojongsari, SAR Purbalingga, PMI Purbalingga, Banser, Ubaloka, serta dibantu oleh warga sekitar. (NP/AWN)