Ini Keuntungan Jadi Siswa Boarding School di Indonesia

  • Bagikan

JAKARTA,NUSANTARAPOS,- Ternyata sudah banyak orang tua yang tertarik untuk menyekolahkan anaknya di boarding school. Alasannya karena boarding school bisa membuat anak menjadi mandiri. Padahal sebenarnya, masih ada banyak sekali keuntungan yang akan didapatkan jika menjadi siswa boarding school.  Daripada penasaran, inilah beberapa keuntungan menjadi siswa boarding school di Indonesia.

  1. Mengajarkan untuk Lebih Mandiri

Jika memutuskan untuk menjadi siswa di sekolah boarding school, berarti harus tinggal di asrama. Ini berarti akan terpisah atau tinggal jauh dari kedua orang tua dan orang terdekat lainnya. Tinggal di asrama mengharuskan siswa untuk melakukan segala sesuatu sendiri. Misalnya mengelola keuangan, belajar mengatur barang-barang yang dimiliki, dan masih banyak lagi.

Tinggal jauh dari orang tua mengharuskan siswa untuk bertanggung jawab pada dirinya sendiri. Jika ini sudah tertanam maka siswa akan menjadi lebih mandiri dan tidak bergantung dengan orang lain.

  1. Pendidikan Agama Lebih Terjamin

Seperti yang diketahui jika konsep boarding school tidak jauh berbeda dengan pondok pesantren. Dimana siswa harus tinggal di asrama dan lebih mendalami ilmu agama. Hal ini dikarenakan sekolah di boarding school tidak hanya belajar ilmu umum tetapi juga ilmu agama.

Selain itu, siswa boarding school dikenal sangat disiplin sehingga sholat lima waktu harus dilakukan tepat waktu. Hal ini dikarenakan jadwal sholat sudah terjadwal secara sistematis, jika terlambat maka akan mendapatkan sanksi. Jam pelajaran agama juga akan ditambah serta akan mempelajari fiqih, Al-Qur’an, Hadist, aqidah akhlak, dan sejarah kebudayaan islam.

  1. Tidak Perlu Memikirkan Transportasi

Siswa di boarding school tidak perlu pusing memikirkan transportasi atau kendaraan untuk pergi ke sekolah. Orang tua juga tidak perlu repot untuk mengantar ke sekolah maupun menjemputnya. Tentu ini akan menghemat biaya karena setiap hari tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli BBM.

Siswa boarding school tentu akan merasa senang karena jarak antara sekolah dan asrama sangat dekat sehingga bisa ditempuh hanya dengan berjalan kaki. Secara tidak langsung ini juga akan mengurangi kemacetan di jalan.

  1. Bisa Mengembangkan Potensi Diri Secara Optimal

Meski terpisah dari orang tua bukan berarti siswa boarding school tidak bisa mengembangkan potensi diri secara optimal. Justru karena jauh dari orang tua akan membuat siswa belajar untuk mengambil keputusan dengan cepat. Keputusan yang diambil pastinya berkaitan dengan pengembangan potensi yang dimiliki.

Setelah mengambil keputusan, boarding school akan membantu mengembangkan potensi siswanya. Hal ini bisa dilihat dari tersedianya fasilitas penunjang yang sangat lengkap. Selain itu, juga tersedia tenaga pendidik yang kompeten dan berkualitas.

  1. Hidup Menjadi Lebih Teratur

Salah satu keuntungan menjadi siswa boarding school adalah hidup menjadi lebih teratur. Hal ini dikarenakan semua kegiatan siswa sudah diatur atau terjadwal dengan baik. Penjadwalan yang dibuat bertujuan supaya hidup menjadi lebih teratur. Jika ada siswa yang terlambat atau tidak mematuhi jadwal yang dibuat maka akan mendapatkan sanksi.

  1. Sumber Belajar yang Beragam

Tidak hanya memiliki tenaga pendidik yang berkualitas, boarding school juga memiliki sumber belajar yang beragam. Boarding school menawarkan mata pelajaran atau olahraga yang tidak dimiliki oleh sekolah umum. Mata pelajaran atau olahraga tersebut didukung oleh tenaga pendidik yang kompeten di bidangnya.

Itulah berbagai keuntungan menjadi siswa boarding school. Tidak hanya mandiri, siswa yang bersekolah di sekolah asrama juga bisa mendapatkan berbagai keuntungan yang nantinya akan sangat berguna untuk perkembangan diri dan karakternya. Tidak heran, jika sistem sekolah ini menjadi semakin populer setiap harinya.

  • Bagikan