EVENT  

Ormas Bang Japar Gelar Kegiatan Donor Darah di Walikota Jakarta Barat

Jakarta, Nusantarapos – Kebutuhan akan darah di masa pandemi covid 19 yang semakin meningkat, harus terus diantisipasi, Salah satu caranya adalah ikut membantu kerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) mengamankan stok darah dengan rutin dalam kegiatan donor darah seperti yang dilakukan oleh Ormas Kebangkitan Jawara dan Pengacara (Ormas Bang Japar).

Hari ini, Sabtu (29/5/2021) Ormas Bang Japar juga menggelar kegiatan serupa kali ini di tepatnya di Kantor Walikota Jakarta, bekerja sama dengan Wali Kota Jakarta Pusat dan PMI DKI Jakarta serta seluruh para Dewan Kota di Jakarta Barat.

Dalam giat Donor Darah hari ini yang diselenggarakan oleh Bunda Fahira Idris selaku anggota DPD RI dan Ketua Umum Ormas Bang Japar dalam merayakan milad Ormas Bang Japar Yang Ke 4 Th.

Acara donor darah turut hadir beberapa undangan relawan yang ingin mendonorkan darahnya untuk disumbangkan kepada yang membutuhkan melalui PMI.

Donor darah hari ini dilaksanakan di aula masjid serbaguna Walikota Jakarta Barat dan mendapat sumbangan lebih dari (300) kantong darah dari beberapa ratus relawan yang hadir dan tetap mentaati peraturan protokol kesehatan.

Ketua Umum Bang Japar yang juga Anggota DPD RI DKI Jakarta Fahira Idris juga mengatakan, “Inisiatif untuk menggelar kegiatan rutin donor darah seperti ini, sebagai ikhtiar untuk membantu PMI dalam mengamankan stok darah yang kebutuhan yang semakin meningkat di masa pandemi covid 19,” ujar Fahira Idris.

Sementara di sisi lain, kegiatan donor darah yang biasanya marak, selama masa pandemi covid 19 ini mulai berkurang, oleh karena itu, Fahira Idris mengajak seluruh elemen masyarakat untuk membantu memastikan stok darah khususnya di DKI Jakarta aman.

“Kepada warga masyarakat saya juga ingin menyampaikan bahwa donor darah di masa pandemi covid 19 ini aman, karena dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat,” ungkapnya.

“Ayo kita semua bantu PMI amankan stok darah khususnya di Jakarta. Setetes darah akan akan sangat berguna menyelamatkan banyak nyawa saudara-saudara kita yang saat ini sedang membutuhkan. Kepada warga jangan ragu untuk donor darahnya, karena PMI sudah punya standar yang ketat dan aman di masa pandemi ini,” tutup Fahira Idris di aula serbaguna masjid Walikota Jakarta Barat.

Menurut Fahira, “Saat ini banyak warga yang ingin mendonorkan darahnya, tetapi karena kegiatan donor darah di lingkungan mereka minim, membuat warga belum berkesempatan untuk donor darah, oleh karena itulah Ormas Bang Japar ‘menjemput bola’ untuk menggelar kegiatan donor darah di berbagai wilayah yang ada di DKI Jakarta,” terangnya.

Selain kegiatan donor darah, sebagai Anggota DPD DKI Jakarta Fahira Idris juga menyediakan waktu penuh selama kegiatan ini untuk menyerap aspirasi, menerima aduan, dan memberikan pendampingan bagi para pendonor yang mengalami berbagai persoalan terutama dalam bidang hukum, pelayanan kesehatan, dan persoalan-persoalan lainnya.

“Jika antusias warga menjadi pendonor semakin besar, kami akan gelar kegiatan donor darah hingga level kecamatan yang ada di Jakarta sehingga akan lebih banyak warga yang terlibat. Jika semua berjalan baik, maka kegiatan ini akan dilanjutkan hingga 2022. Tiap tetes darah yang kita donorkan menyebarkan jutaan manfaat bagi banyak orang. Sekali lagi saya mengajak kepada kita semua, ayo rutin donor darah” tutup Fahira Idris. (Arie)