Siapkan 500 Vaksin Dinkes Tulungagung, Layanan Vaksinasi Drive Thru Dosis ke-2, 27 Mei 2021

 

TULUNGAGUNG, NUSANTARAPOS, – Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung siapkan 500 vaksin Sinovag untuk melayani lansia dan masyarakat umum yang mengalami penundaan dalam pelaksanaan vaksinasi dosis ke-2 dengan sistem Drive Thru, yang di laksanakan di Gedung Olahraga (GOR) Lembu Peteng. Kamis, (27/5/2021)
.Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, melalui Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi, Satrio Wibowo kepada awak media mengatakan bahwa, vaksinasi dosis ke-2 dengan sistem Drive Thru, merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan vaksinasi tahap ke-1 yang di lakukan pada 26 April yang lalu untuk para lansia.

“Jadi vaksinasi kali ini dosis ke-2 untuk 258 lansia, kelanjutan dari dosis ke-1 pada 26 April lalu dengan sistem Drive Thru. Namun begitu, kita siapkan 500 dosis sekaligus untuk masyarakat umum yang sudah waktunya melakukan vaksinasi dosis ke-2 yang mengalami penundaan,” ucapnya.

Layanan vaksinasi dengan sistem Drive Thru ini menurut Satrio, dinilai sangat efektif dan memudahkan bagi masyarakat khususnya lansia, mereka cukup didalam kendaraanya baik roda empat atau roda dua tanpa harus turun dari kendaraan. Selanjutnya, petugas kesehatan mengecek tensi darah kemudian menyuntikan vaksin tersebut.

“Bagi yang sudah divaksin untuk beristirahat dulu sekitar 15 menit, hal ini untuk mengantisipasi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Apabila dirasa tidak reaksi dipersilahkan meninggalkan tempat,” terangnya.

Lebih lanjut diungkapkan Satrio, secara keseluruhan vaksinasi untuk lansia dosis ke-2 ini sudah mencapai 58% dari target sasaran 67.000 jiwa lansia. Guna realisasikan target tersebut, pihaknya akan mengandeng Puskesmas dan Instansi yang belum menerima vaksin agar melakukan vaksinasi.

“Vaksinasi dosis ke-2 ini diharapkan dapat tercapai 58% dari sasaran yang diberikan oleh Pemerintah. Sedangkan untuk saat ini yang belum masuk data tapi masih belum divaksinasi sudah dilakukan pendataan lebih lanjut. Pada intinya program Dinkes untuk vaksinasi ditargetkan pada 23 Juni 2021 semua sudah tepat sasaran,” pungkasnya.(ANDI)