DAERAH  

Hadir Dalam Talkshow, Bupati Budi Ajarkan Siswa Jadi Pribadi Tangguh

Lampung Utara, Nusantarapos – Bupati Lampung Utara (Lampura) H. Budi Utomo mengajak para generasi muda, khususnya para pelajar di Lampura menjadi pribadi yang tangguh dengan terus mengeluarkan berbagai ide kreatif meski dalam situasi Pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan Bupati Budi saat mengisi acara Talkshow bertajuk “Menggapai Asa” di SMK Negeri 1 Kotabumi kabupaten setempat, Rabu (2/6/2021).

“Sebagai pelajar harus menjadi anak muda aktif dan kreatif, tidak membatasi untuk mengejar ilmu pengetahun, jadikan temen-teman sebagai kompetitor dalam hal yang positif untuk tujuan membangun bangsa Indonesia, khususnya di kabupaten ini yang lebih baik lagi,” tutur Bupati Budi.

Menurutnya, Pandemi Covid-19 juga berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat. Untuk menjaga keberlangsungan hidup masyarakat, Pemkab Lampura melakukan pembinaan UMKM dan pelaku usaha dengan memberikan bantuan modal usaha sehingga terus terjadi perputaran uang di masyarakat.

Bupati yang merupakan Alumni SMK Negeri 1 Kotabumi ini juga menceritakan alasan mengapa dirinya memilih sekolah itu untuk mengenyam pendidikan. Menurutnya, pada tahun itu bangsa Indonesia tengah berbenah pasca gerakan G-30S PKI Tahun 1965.

Dimana, sambung Budi perekonomian pada saat itu membutuhkan para tenaga muda untuk menggerakan perekonomian bangsa.

“Oleh karenanya, saya memilih SMEA (SMKN 1 Kotabumi saat itu), selesai sekolah kita sudah disiapkan lapangan kerja dan inilah perbedaannya pada masa itu, kami bisa mendapatkan sertifikat sehingga kita bisa langsung bisa bekerja,” ungkapnya.

Bahkan, Bupati juga menyinggung sedikit soal perjalanan karirnya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) golongan II hingga menjadi orang nomor satu di Kabupaten Lampura. Untuk itu ia mengingatkan jangan berhenti bergerak untuk hal-hal positif, terus mengupdate regulasi dan aturan karena yang menguasai aturan pastinya akan lebih maju.

“Kuncinya disiplin dan bekerja dengan ikhlas. Update selalu ilmu pengetahuan dan regulasi, kuasai tugas pokok dan fungsi, sehingga saat ada tugas dari pimpinan dapat diselesaikan dengan baik dengan harapan pimpinan kita merasa puas atas hasil kerja kita,” ujarnya. (RH)