News  

Sinergisitas Babinsa, Relawan, Pihak Terkait dalam Suksesnya Posko Satgas Desa Tangkal Covid19

KAPUAS – Pasca lebaran terjadi lonjakan kasus aktif Covid-19 di daerah. Diperlukan sinergisitas anatara beberepa komponen yang terlibat langsung maupun tidak langsung. Salah satunya semua unsur yang terlibat di Posko Satgas desa Tangkal Covid-19.
Untuk melihat sinergisitas Koramil 1011-10/Pujon melakukan monitoring pelaksanaan kegiatan di Posko Satgas Desa Tangkal Covid-19 di wilayah Koramil 1011-10/Pujon berlokasi di Kec. Kapuas Tengah, Kab. Kapuas, Selasa (08/06/2021
Posko sebagai pusat perencanaan, koordinasi, pengendalian, dan evaluasi kegiatan penanganan Covid-19 dalam skala mikro, dilaksanakan dengan pendekatan kesepakatan, komunitas, gotong royong, kompak, dan adaptif.
Lanjut Danramil 10/Pujon Kapten Inf Sahiri mengatakan, “Posko penanganan Covid-19 di tingkat desa atau kelurahan memiliki empat aspek penting, yakni pencegahan, penanganan, pembinaan, dan pendukung.”
“Aspek pencegahan terdiri dari sosialisasi, penerapan 3M, serta pembatasan mobilitas,”ujarnya.
“Aspek penanganan mengimplementasikan 3T, yaitu testing, tracing, dan treatment hingga penanganan dampak ekonomi lewat bantuan langsung tunai (BLT) desa,”jelasnmya.
“Aspek pembinaan berupa upaya penegakan disiplin dan pemberian sanksi. Lalu, aspek pendukung yang terdiri pencatatan dan pelaporan, dukungan komunikasi, serta logistik,” ujarnya