SEMUA  

Babinsa Koramil 1011-14/Basarang Mendampingi Tim Tracer Puskesmas Basarang

KAPUAS – Upaya memutus mata rantai penyebaran Covid 19 terus dilakukan. Seperti dilakukan Babinsa Koramil 1011-14/Basarang Sertu Rahmad Gandi Yuana yang melaksanakan pendampingan Tim Tracer dari Puskesmas Basarang melaksanakan tracing di Desa Bungai Jaya, Kec. Basarang, Kab. Kapuas, Rabu (09/06/21)

Danramil 14-Basarang Kapten Inf I Made Iwan S. menyampaikan, “Keterlibatan Babinsa dalam pelaksanaan penelusuran yang pernah terpapar, sebagai tindakan percepatan penanganan kasus Covid-19, kegiatan pendampingan Melacak merupakan tugas TNI dimasa pandemi Covid.19.”

“Babinsa yang merupakan ujung tombak satuan teritorial di lapangan di harapkan dapat menjadi agen pencegahan, pendeteksian dan penanggulangan terhadap penyebaran Virus Corona di wilayah tugas dan tanggung jawabnya sehingga dapat mengambil tindakan deteksi dini dan cegah dini, agar tidak semakin meluas,” tandas Danramil.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk menghentikan Pandemi Covid 19. Guna mengendalikan penyebaran virus tersebut. Salah satu mencari identitas terhadap orang-orang yang melakukan kontak dengan pasien positif Covid-19 dengan istilah pelacakan kontak, tujuannya untuk menghambat penyebaran infeksi ke kerumunan besar atau komunitas melalui pemutusan rantai transmisi.

Pelacakan kontak dilakukan untuk melihat siapa saja yang telah bertemu dengan penderita virus corona, yang juga akan memudahkan petugas kesehatan untuk mengambil tindakan agar virus tidak menyebar semakin luas. Tugas dari tim Contact Tracing adalah menemukan kasus baru, kontak kontak erat, Edukasi kepada masyarakat, kontak kasus konfirmasi dan kontak erat.
#Pendim1011