WISATA  

Ngaprak Banten, Promosikan Wisata di Banten

Banten, Nusantarapos – Ngaprak Banten adalah komunitas yang terdiri beberapa pemuda asal Banten yang hobi jalan – jalan, traveling di Banten serta wadah millenial untuk mempromosikan wisata dan potensi – potensi lainnya di Banten.

Tidak hanya bepergian atau jalan-jalan tidak jelas, pemuda yang tergabung di Ngaprak ini juga banyak yang mengabadikan Ngapraknya dalam bentuk tulisan dan fotografi yang dishare di platform media sosial Ngaprak Banten.

Ngaprak Banten digagas oleh Roby Ahdiyat dan Ecta Faisal Haq, dua pemuda asal Pandeglang Banten yang ingin mengorganisir teman-temannya untuk berlibur dan menikmati keindahan alam.

“Awalnya kami sekumpulan orang yang suka jalan-jalan dan mencari hiburan dengan menikmati tempat wisata, kami berinisiatif membentuk satu komunitas yang khusus jalan-jalan. Sehingga tahun 2017 dibentuklah Komunitas Ngaprak Banten. Namun Ngaprak mulai memunculkan diri dan mulai dikenal umum tahun 2019.” kata Roby, Jumat (11/6/2021).

“Diambil dari bahasa Sunda karena kata “Ngaprak” sangat simple dan gampang diingat orang. Selain itu, karena anggota Ngaprak berasal dari orang-orang Sunda asli yang awalnya ingin mempromosikan wisata-wisata yang ada di Banten yang begitu luar biasa indahnya,” ungkapnya.

Namun tahun 2020 saat Covid-19 mulai menyerang Indonesia, Pemuda yang tergabung di Ngaprak Banten mulai tergoyahkan jiwa pengaprakannya.

“Karena pemerintah melarang seluruh warga Indonesia keluar rumah dan memang harus berdiam diri di rumah, menjaga jarak serta menghindari kerumunan demi melindungi diri dari Covid-19 dalam waktu yang lumayan lama, hal ini dirasa sangat membosankan oleh para pemuda Ngaprak.” kata Roby. Pasalnya mereka tak bisa lagi bepergian menikmati dan mempromosikan keindahan alam yang eksotis.

Namun, kesempatan berada di rumah lama dimanfaatkan oleh Roby untuk mengembangkan komunitas yang baru dirintisnya ini.

Seiring berjalannya waktu, menurut keterangan Roby, Ngaprak berusaha terus melebarkan sayap dan bertemu dengan banyak para tokoh dan sesepuh Banten.

“Dari bertemu dengan banyak tokoh tersebut, banyak membahas tentang kebantenan, alam Banten dan potensi – potensi yang ada di dalamnya, sehingga hal ini banyak membuka mata dan menyadarkan para pemuda Ngaprak akan kekayaan sumber daya alam Banten ini. Kami merasa semakin bangga menjadi bagian dari Banten ini,” ujar Roby.

Hal demikianlah yang menjadikan Ngaprak Banten bertransformasi menjadi penggiat wisata, membuat artikel literasi seputar Banten khususnya potensi alam Banten, Jasa Tour dan Travel di Banten.

“Sampai dengan hari ini telah banyak program – program Ngaprak Banten yang telah dijalankan, baik secara formal maupun non formal.

Diantaranya; reboisasi atau penanaman pohon seadanya di pinggir sungai – sungai, konservasi terumbu karang, dan lain – lain yang mengalir begitu saja dan dilakukan secara santai.

Hingga sekarang, Ngaprak Banten sudah terbuka untuk menjalin kerja sama promosi wisata atau partner dengan pihak pengelola tempat wisata, usaha kuliner, event organizer, agen travel, layanan jasa tour dan travel, serta masih banyak program lainnya,” jelas Roby.

“Sebetulnya, fokus Ngaprak secara umum adalah Wisata, Reboisasi, Konservasi, Literasi dan Edukasi. Dalam hal edukasi, Ngaprak Banten juga pernah menggelar pelatihan untuk Tour Guide di Banten yang di khususkan untuk anak-anak millenial di Banten,” imbuhnya.

“Di Banten ini, Minimnya literasi soal potensi-potensi yang ada, dan ngaprak akan menggali potensi – potensi itu, mengabarkan pada dunia bahwa Banten ini kaya alamnya. Dan pribumi harus berperan aktif mengelola dan berkarya di dalamnya !” Kata Robi dengan bersemangat.