DESA  

Koramil 1308-10/Salakan dan Polsek Totikum Sosialisasikan PPKM Mikro

BANGKEP, NUSANTARAPOS – Bertempat di Pasar Tradisional, Pelabuhan Speed dan di depan Pos Covid-19 Desa Kalumbatan Kecamatan Totikum, Kabupaten Banggai Kepulauan, dilaksanakan Penyelenggaraan Desa Siaga Kesehatan Melalui Kegiatan Edukasi Dan Sosialisasi PPKM Mikro Tentang Pencegahan Dan Penanganan Pandemi Covid-19, sekaligus Pemberian Masker Kepada Para pedagang dan pembeli serta masyarakat pengguna lalulintas jalan raya, Jumat (18/6/2021).

Kegiatan yang dilakukan oleh Tim Satgas Desa Aman Covid-19 Desa Kalumbatan bersama TNI-Polri melalui Koramil 1308-10/Salakan dan Polsek Totikum Polres Bangkep serta Pemerintah Kecamatan Totikum Selatan, tersebut dipimpin langsung oleh Camat Totikum Selatan Afriyanto Pamolango.

Kegiatan sosialisasi tentang upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 serta penegakan disiplin Protokol Kesehatan dengan melalui edukasi 4 M (Mecuci tangan pakai sabun, Memakai Masker, Menjaga jarak dan Menghindari kerumunan). Upaya yang dilakukan oleh Tim Satgas Desa Aman Covid-19 Desa Kalumbatan tersebut, dalam rangka upaya memutus mata rantai Pandemi Covid-19 di Desa Kalumbatan dan diwilayah Totikum Selatan.

Memberikan masker kepada masyarakat baik kepada para pedagang atau para pembeli yang berada di Pasar Tradisional, para penumpang yang tiba di Pelabuhan Speed dan kepada masyarakat pengguna jalan yang menggunakan SPM Roda 2 (dua) dan Roda 4 (empat).

Usai dilaksanakan kegiatan Sosialisasi PPKM Mikro, Camat Totikum Selatan menyampaikan terkait kegiatan Pelaksanaan PPKM Mikro merupakan kegiatan yang wajib dilaksakan desa, sebab dalam melakukan edukasi terhadap masyarakat dalam penanganan dan pencegahan penyebaran Pandemi Covid-19 dengan melalui Protokol Kesehatan (Prokes), Desa Kalumbatan merupakan Desa terbesar penduduknya di wilayah Kecamatan Totikum Selatan Kabupaten Banggai Kepulauan.

Dengan kondisi masyarakat tersebut, tentunya terjadi interaksi yang padat. Olehnya itu, kegiatan yang dilakukan pemerintah melalui program PPKM Mikro, sudah sangat tepat dengan dilaksanakan sosialisasi di tengah-tengah masyarakat dengan menghimbau langsung ke tempat fasilitas umum atau tempat keramaian seperti di pasar tradisional, pelabuhan dan jalan poros atau jalan trans sulawesi di Desa Kalumbatan.

Selain dilaksanakan sosialisasi PPKM Mikro, Pemerintah Desa Kalumbatan melalui Tim Satgas Desa Aman Covid-19 bersama Pemerintah Kecamatan dan TNI-Polri, juga turun langsung membagi-bagikan masker dan memakaikan masker kepada masyarakat pelanggar Prokes (tidak memakai masker).

“Untuk itu, kami dari Pemerintah Kecamatan mengharapkan agar kegiatan ini dapat terus menerus di lakukan oleh pemerintah desa Kalumbatan khususnya dan semua desa di Kecamatan Totikum Selatan pada umumnya, sehingga penyebaran virus corona dapat terhindari bagi masyarakat serta upaya pemerintah dalam memutus matarantai Pandemi Covid-19 dapat terlaksana dengan baik sesuai yang diharapkan,” kata Camat Totikum Selatan.