DAERAH  

Bupati Aceh Barat Pantau Vaksinasi Massal di Lapangan Teuku Umar Meulaboh

Meulaboh, Nusantarapos – Bupati Aceh Barat Ramli melakukan pemantauan langsung terhadap kegiatan vaksinasi massal yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat Bersama dengan unsur Forkopimda di lapangan Teuku Umar Meulaboh, Senin (12/07/2021).

“15.601 orang lansia yang menjadi sasaran mendapatkan vaksinasi di aceh barat, dikarenakan lansia sangat rentan terpapar dengan virus covid, hal ini disebabkan karena imunitasnya yang sudah mulai menurun. Dan masyarakat yang di vaksin jangan pernah merasakan takut apa lagi mempercayai isu-isu hoax dengan penyuntikan Vaksin,” kata Ramli.

Kabupaten Aceh Barat sudah memasuki Zona Orange Virus Covid-19, ia pun menghimbau agar masyarakat segera melakukan vaksinasi.

“Penyuntikan Vaksin ini diberikan secara gratis kepada masyarakat Kabupaten Aceh Barat. Untuk itu manfaatkan lah peluang ini agar kita semua terhindar dari wabah yang mematikan ini,” jelasnya.

Ia juga meminta para nakes untuk memberikan edukasi terkait vaksinasi pada masyarakat.

“Saya berharap kepada tenaga medis jangan pantang menyerah untuk tetap berada di garda terdepan memutuskan mata rantai pengembangan covid di daerah dan juga terus memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat terkait dengan virus covid-19,” harap Bupati.

Dirinya juga mengingatkan pentingnya vaksin ini dalam rangka meningkatkan Herd Immunity atau Kekebalan kelompok ditengah pandemi. “Meski demikian walau sudah di vaksin masyarakat jangan lengah, tetap waspada dan terus menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Aceh Barat Syarifah Junaidah mengatakan, kegiatan vaksin massal ini dilaksanakan selama sepekan yang digelar di lapangan teuku umar meulaboh mulai tanggal 12 hingga 16 juli mendatang.

Data per 9 Juli Pemkab Aceh Barat telah melakukan vaksin sebanyak 160.454 orang yang terdiri dari SDM Kesehatan sebanyak 2.811 orang, petugas publik 12.405 orang, lansia 15.601 orang, remaja dan umum 129.637 orang.

“Jumlah ini diharapkan akan terus bertambah dengan kita adakan vaksin massal ini,” tandas Syarifah. (MJ)