TMMD  

Penyuluhan Pengelolahan Sampah Non Fisik TMMD Ke 104 Kodim /Bekasi Di Kel Jatikramat

JATISARI, –  Warga Kelurahan Jatikramat,  Kecamatan Jatiasih  mengikuti kegiatan
Non fisik TMMD Reguler Ke-104 Kodim 0507/Bekasi dalam penyuluhan sosialisasi tentang pengolahan sampah terpadu dengan penerapan Bank Sampah
bertempat di Aula Kel. Jatikramat Kec. Jatiasih Kota Bekasi.Minggu (10/3/19)

Pengelolaan sampah terpadu dalam TMMD  bekerja sama  dengan Bank Sampah Induk Patriot (BSIP) dengan dihadiri para warga, aparat kelurahan, RT/RW sebanyak 67 orang

Asep Hendrawan mengatakan, Hal ini dilakukan sebagai pelatihan bagaimana pengelolaan sampah organik maupun anorganik.

” Dimana sampah-sampah organik dijadikan kompos dan bagaimana proses pembuatannya. kemudian sampah anorganik dibuat sebagai kerajinan tangan, ” kata Asep

Dalam acara ini asep juga memapaparkan bagaimana cara dan sistem pembentukan Bank sampah supaya kedepan bisa memberdayakan masyarakat untuk mengolah sampah dan merubah mindset masyarakat bahwa sampah bisa mendatangkan rupiah bila kita mau dan bisa mengelolanya dengan baik.

Sosialisasi penyuluhan menurutnya bertujuan untuk merubah pola pikir masyarakat mengenai sampah agar tidak menilai sampah sebagai sesuatu yang tidak memiliki nilai guna.

“Melainkan, harus menilai sampah sebagai sesuatu yang bisa dimanfaatkan dan bernilai guna, sehingga bisa mendatangkan rupiah,” ujarnya.

Sementara warga Bambang  mengatakan mudah – mudahan  dengan pengelolahan  bank sampah ini  dijalankan oleh masyarakat, gerakan untuk mewujudkan lingkungan yang bersih akan berjalan secara berkesinambungan.Juga saya ucapkan kegiatan TMMD Ke – 104 Kodim/Bekasi dilaksanakan diwilayah kami.

Bahkan diharapkan gerakan tersebut dapat memberikan pengaruh kepada kelompok masyarakat lain untuk melakukan gerakan serupa.

“Meskipun bukan berarti bank sampah bentukan pemerintah tidak bisa bertahan. Namun jika itu bentukan masyarakat, maka bisa diartikan bahwa masyarakat setempat sudah siap untuk mengelola sampah,” ungkapnya.

Lurah Kramat Heru Ranto, mengatakan melalui kegiatan pengolahan sampah terpadu dengan penerapan Bank Sampah yang digelar Satgas TMMD  ini warga semakin sadar supaya jangan buang sampah sembarangan.

” Saya juga akan mengingatkan kembali warga agar lebih paham tentang pengolahan sampah. Trimakasih ucapkan pada TNI Satgas TMMD Ke 104 Kodim/Bekasi .Sosialisasi ini juga masyarakat sagat antusiasme ” ungkapnya