Percepat Pemulihan Negeri, HIPPINDO & UNIQLO Buka Sentra Vaksinasi di Surabaya

Surabaya, Nusantarapos – Juli 2021—Di masa pandemi Covid-19 sekarang ini, kolaborasi menjadi kunci sukses dalam akselerasi vaksinasi nasional untuk mencapai herd immunity segera. Untuk itulah Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) menggandeng sejumlah pihak untuk menggelar sentra vaksinasi di berbagai kota besar di Indonesia. Salah satunya dengan perusahaan retail global asal Jepang UNIQLO.

HIPPINDO mengelar sentra vaksinasi di Surabaya, bertempat di Gedung Kencana, kawasan Bubutan, mulai Senin (26/7/2021). Sentra vaksinasi ini merupakan buah kolaborasi HIPPINDO-Kementerian Koperasi UKM-TNI, bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jatim dan Forum Komunikasi Asosiasi Pengusaha (Forkas) Jatim, serta didukung oleh UNIQLO.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa hadir meninjau lokasi pada Jumat (30/7/2021), didampingi Deputi Bidang UKM Kementerian Koperasi dan UKM Hanung Harimba Rachman, Wakil Ketua Umum Kadin Bidang UMKM Jatim, Muhammad Rizal, Ketua Umum Forkas Jatim Eddy Widjanarko, dan sejumlah pejabat daerah.

Dalam sambutannya, Hanung mengutarakan pentingnya vaksinasi Covid-19. “Dengan vaksin kita bisa membantu dua hal. Covid-19 bisa kita tangani dan kegiatan ekonomi bisa kita pulihkan,” ucapnya. Hanung juga mengapresiasi kerja sama semua pihak dalam membantu program vaksinasi nasional. “Karena ini adalah masalah kita bersama, bukan cuma masalah pemerintah saja.

Ketua HIPPINDO, Budihardjo Iduansjah, menyebutkan upaya HIPPINDO membuka sejumlah sentra di berbagai daerah di Indonesia merupakan wujud peran serta HIPPINDO sebagai asosiasi peritel terbesar di Indonesia terhadap percepatan pemulihan ekonomi. “Makin banyak yang divaksin, makin cepat herd immunity dicapai, dunia usaha kembali bangkit dan daya beli masyarakat membaik, maka ekonomi kita pasti pulih,” katanya.

Senada dengan Budihardjo, Co-Chief Operating Officer PT Fast Retailing Indonesia (UNIQLO Indonesia), Yugo Shima, menjelaskan bahwa kerja sama ini merupakan bentuk kepedulian UNIQLO terhadap masyarakat sekaligus dukungan bagi langkah pemerintah mempercepat vaksinasi untuk seluruh masyarakat Indonesia. “Semoga penyelenggaraan sentra vaksinasi ini dapat menjangkau masyarakat lebih luas untuk mendapatkan vaksin dengan lebih mudah,” harapnya.

Daerah lain sudah siap
Selain di Surabaya, HIPPINDO juga sudah siap melayani vaksinasi melalui berbagai sentra vaksinasi di kota-kota lain, yaitu Solo Raya (17 Juli di De’ Tjolomadoe, Karanganyar), Bandung Raya (18 Juli di PJV Mal), Jogja Raya (25 Juli di Jogja Expo Center), dan Semarang Raya (28 Juli di Auditorium Imam Barjo, SH, Undip). Sementara kota-kota lain akan segera menyusul.

Di Jakarta sendiri, dalam kurun waktu 46 hari sejak dibuka pada 7 Juni hingga 22 Juli 2021 Sentra Vaksinasi HIPPINDO-Kemenkop UKM sudah memberikan vaksin Covid-19 tahap 1 kepada 91.669 akseptor dan vaksin tahap 2 kepada 9.570 akseptor dari seluruh Jabodetabek. Sehingga total vaksin yang sudah diberikan adalah 101.239 dosis.

Para akseptor terdiri dari dari anggota HIPPINDO dan ekosistem di dalamnya (sejumlah asosiasi dan pelaku UKM), masyarakat umum, anak usia 12+, dan penyandang disabilitas. Targetnya, vaksinasi tahap pertama yang akan berakhir 14 Agustus ini akan diberikan kepada 150 ribu akseptor dengan kuota 5.000 akseptor per hari.