Masyarakat Hukum Adat Saireri II Dukung Paulus Waterpauw Jadi Wagub Papua

Sejumlah ketua hukum adat di Nabire menandatangani fakta integritas untuk mendukung Komjen Pol. Paulus Waterpauw menjadi wakil gubernur Papua menggantikan Klemen Tinal.

Nabire, NUSANTARAPOS.CO.ID – Masyarakat hukum adat wilayah Saireri II yang terdiri dari Lembaga Masyarakat Adat (LMA), Dewan Adat Papua (DAP), Badan Musyawarah Adat (BMA), enam (6) kepala suku dan beberapa kerukunan – kerukunan keluarga di wilayah hukum adat Saireri II Nabire memberikan dukungan berupa aspirasi untuk mendukung Komjen Polisi Drs Paulus Waterpauw sebagai Wakil Gubernur Provinsi Papua melalui pergantian antar waktu periode 2021 – 2022.

Aspirasi tersebut disampaikan pada Sabtu (31/7/2021) di Waharia Gedo Kabupaten Nabire, Sabtu (31/7/2021) kemarin. Masyarakat hukum adat melalui musyawarah adat sepakat mendukung Komjen Polisi Drs Paulus Waterpauw sebagai Wakil Gubernur Papua.

Mereka melihat bahwa sekarang sudah saatnya untuk memilih figur yang benar – benar dapat mengakomodir aspirasi masyarakat adat di Provinsi Papua, wilayah adat Saireri dan lebih khususnya di wilayah hukum adat Saireri II Nabire.

Hasil musyawarah dan penyampaian aspirsi tersebut kemudian dibacakan oleh Melkisedek Rumawi selaku Ketua Badan Musyawarah Adat (BMA) Kabupaten Nabire :

PENYAMPAIAN ASPIRASI MASYARAKAT HUKUM ADAT WILAYAH ADAT SAIRERI II NABIRE UNTUK MENDUKUNG KOMJEN POLIS DRS PAULUS WATERPAUW SEBAGAI WAKIL GUBERNUR PROVINSI PAPUA MELALUI PERGANTIAN ANTARA WAKTU PERIODE 2021 – 2023

Melihat perkembangan dinamika yang terjadi di wilayah adat Saireri II Nabire dan melihat berbagai macam ketimpangan sosial, pendidikan, ekonomi, hak – hak politik, hak – hak masyarakat adat dan hak – hak ulayat masyarakat hukum adat di wilayah Sireri II Nabire tetapi juga bersama – sama dengan kami menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah hukum adat Saireri II Nabire.

Maka dengan ini kami menginginkan seorang figur pemimpin yang benar – benar bisa mengakomodir hak – hak kami sebagai masyarakat hukum adat di wilayah Saireri II dan melindungi dan paham tentang bagaimana menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Papua, tetapi juga di wilayah hukum adat Saireri dan lebih khususnya wilayah hukum adat Saireri II Nabire. Dengan ini kami telah bermusyawarah dalam bentuk musyawarah hukum adat untuk menyalurkan aspirasi kami dalam menunjuk calon Wakil Gubernur Provinsi Papua yang benar – benar mewakili hak – hak kami sebagai anak hukum adat wilayah Saireri dan wilayah adat Saireri II Nabire, maka :

BERDASARKAN ASPIRASI DI ATAS DAN HASIL MUSYAWARAH BERSAMA MASYARAKAT HUKUM ADAT WILAYAH SAIRERI II NABIRE PADA TANGGAL 31 JULI 2021, MAKA KAMI DENGAN INI MENGUSULKAN KOMJEN POLISI DRS PAULUS WATERPAUW SEBAGAI WAKIL GUBERNUR PROVINSI PAPUA PERGANTIAN ANTARA WAKTU PERIODE 2021 – 2023.