Gelar Syukuran HUT RI ke-76, PPM DKI Jakarta Tunjukkan Rasa Patriotisme dan Nasionalisme

Ketua Cabang PPM Jaksel Syarifuddin memberikan potongan tumpeng kepada Ketua Mada PPM DKI Jakarta Moch. Taufik, SA, S.Kom disaksikan Deparcab PPM Jaksel Chotib.

Jakarta, NUSANTARAPOS.CO.ID – Sebagai putra putri ataupun keturunan veteran, sudah seharusnya Pemuda Panca Marga (PPM) memiliki rasa patriotisme dan nasionalisme yang tinggi untuk mengisi kemerdekaan dengan kegiatan yang bermanfaat.

Untuk menanamkan rasa patriotisme dan nasionalisme tersebut, maka PPM Provinsi DKI yang saat ini dikomandoi oleh M. Taufik, SA, S.Kom selaku Ketua Mada dan juga ex officio Komandan Resimen IX/ Jaya Yudha Putra, menggelar syukuran untuk memperingati dirgahayu Republik Indonesia yang ke 76 tahun.

Acara tersebut dilakukan di kantor Koramil 02 Mampang Prapatan, Jakarta Selatan pada Selasa (17/8/2021). Turut hadir Deparcab PPM Jaksel Chotib, Ketua Cabang PPM Jaksel Syarifuddin dan para Ketua Ranting PPM Jaksel serta beberapa anggota PPM lainnya.

Ketua Mada PPM DKI Jakarta Moch. Taufik, SA., M.Kom beserta jajarannya menyanyikan lagu Indonesia Raya saat perayaan Dirgahayu Republik Indonesia yang ke 76 tahun.

Dalam kesempatan itu M. Taufik mengatakan
kita sebagai anak cucu veteran mempunyai rasa patriotisme dan nasionalisme yang tinggi. Untuk menunjukkan rasa itu maka pada hari ini kami ikut memperingati HUT kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76 dengan menggelar tasyakuran.

“Meskipun dalam suasana keterbatasan, namun kami ingin selalu mengenang para pahlawan yang telah berjuang memerdekaan bangsa ini dari para penjajah. Tanpa mereka mungkin kita tak akan bisa menikmati kemerdekaan ini,” ujarnya usai menggelar tasyakuran.

Untuk itu, lanjut Taufik, satuan atau jajaran PPM menjadikan tasyakuran ini sebagai renungan bagi kita semua agar lebih bisa menghargai para pahlawan. Sebagai bentuk penghargaan tersebut, maka kami pun melakukan kegiatan yang bermanfaat dengan memberikan piagam penghargaan kepada Ketua Dewan Paripurna cabang LVRI yang dimulai dari PPM ranting Ciracas dan Cipayung.

Usai mengadakan syukuran HUT RI ke-76, seluruh jajaran PPM DKI Jakarta dan Pengurus Cabang PPM Jaksel berfoto bersama.

“Berlanjut acara donor darah di PPM Jakarta Utara, dan peringatan HUT kemerdekaan tingkat provinsi yang diadakan di PPM Jakarta Selatan. Setelah itu juga akan diadakan kegiatan yang sama di PPM ranting Cilincing dan Penjaringan, yang intinya kita peringati kemerdekaan Republik Indonesia ini supaya terus terjaga jiwa patriotisme dan nasionalismenya,” ucapnya.

Taufik menjelaskan di masa pandemi yang memasuki tahun kedua ini, kami juga telah melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat. Kami turut serta membantu TNI dan Polri dalam menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat, karena bagaimanapun juga kami ini merupakan bagian dari keluar besar TNI dan Polri sehingga dilibatkan untuk menegakkan PPKM.

“Selain membantu TNI dan Polri, kami juga ikut melakukan penyemprotan disinfektan dan pembagian masker kepada warga Jakarta, serta ikut mensosialisasikan kepada masyarakat agar mau mengikuti program vaksinasi yang dicanangkan oleh pemerintah. Semoga dengan semua pandemi ini segera berakhir sehingga kehidupan pun bisa kembali normal seperti biasanya,” ungkapnya.