Peringati HUT RI ke-76 Dalam Suasana Pandemi, INI Berharap Tahun Depan Bisa Gelar Upacara di Gedung Baru

Sekretaris Umum PP-INI Tri Firdaus Akbarsyah bersama jajarannya sedang melakukan hormat bendera.

Jakarta, NUSANTARAPOS.CO.ID – Peringatan hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76 masih dalam suasana pandemi dan telah memasuki tahun kedua. Meskipun begitu, sejumlah Pengurus Pusat Ikatan Notaris Indonesia (PP-INI) tetap bersemangat untuk memperingati hari kemerdekaan itu dengan menggelar upacara pengibaran bendera merah putih.

Kabid Perlindungan Anggota PP-INI Agung Iriantoro mengungkapkan ini merupakan suatu kegiatan rutin yang dilakukan oleh PP-INI untuk memperingati HUT kemerdekaan, meskipun ini adalah tahun kedua yang dilaksanakan di masa pandemi. Tapi tak menyulutkan niat kami sebagai warga negara yang cinta NKRI, setia pada UUD 1945 dan Pancasila untuk tetap melaksanakannya.

“Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pengurus INI se-Indonesia baik di tingkat pengurus wilayah (Pengwil) maupun pengurus daerah (Pengda). Hal ini menunjukkan bentuk kecintaan kita terhadap NKRI, serta suatu bentuk penghormatan dan penghargaan kita terhadap para pejuang yang telah berjuang merebut kemerdekaan,” ujarnya usai upacara di sekretariat PP-INI jalan Minangkabau, Jakarta Selatan, Selasa (17/8/2021).

Agung menjelaskan seperti kita tahu para pahlawan terdahulu rela mempertaruhkan jiwa raga maupun darahnya untuk kemerdekaan Republik Indonesia. Maka keteladanan tersebut patut kita teruskan untuk tetap mengisi kemerdekaan dengan kegiatan yang bermanfaat.

Struktur PP-INI : Kabid Organisasi Taufik, Sekretaris I Herna Gunawan dan Kabid Perlindungan Anggota Agung Iriantoro berfoto bersama.

“Meskipun kita hanya berlatih sehari sebelum kegiatan, alhamdulillah pelaksanaan upacara bendera bisa terlaksana dengan baik berkat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kami kesehatan sehingga bisa mengibarkan bendera merah putih dengan sukses,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Taufik selaku Kabid Organisasi PP-INI mengatakan upacara tahun ini hampir sama dengan tahun lalu, dimana kita sudah memasuki tahun kedua dengan menempati sekretariat baru di sini. Kegiatan ini kami laksanakan dengan peserta yang sangat terbatas, mengingat kita saat ini masih dalam suasana pandemi sehingga yang ikut serta di sini tidak begitu ramai.

“Akan tetapi para pengurus baik di tingkat pusat, wilayah ataupun daerah bisa mengikutinya melalui siaran langsung via aplikasi zoom. Meskipun begitu antusiasme dari para Notaris ini sangat besar, seperti yang kita lihat bersama tadi di zoom sangat banyak yang mengikuti bahkan mereka sangat tertib sampai berakhirnya acara meskipun hanya melalui online,” terangnya.

Sementara itu Sekretaris I PP-INI Herna Gunawan pun menyampaikan harapannya di hari kemerdekaan tahun ini. Dirinya berharap kegiatan ini bisa menjadi kegiatan rutin bagi para Pengda maupun Pengwil INI se-Indonesia.

“Selain menjadi kegiatan rutin, semoga tahun depan gedung INI jadi dan pandemi selesai. Sehingga kita bisa kembali melaksanakan upacara bendera dengan lebih meriah dengan kehadiran para Notaris se-Indonesia di gedung baru nanti,” pungkasnya.