DAERAH  

Bupati Trenggalek Percepat Pemindahan Warga Isoman ke Tempat Isoter

Bupati Trenggalek saat tinjau warga Isoman bersama Forkopimda

TRENGGALEK, NUSANTARAPOS,- Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin lakukan gerak cepat pemindahan warga yang isolasi mandiri (isoman) ke tempat isolasi terpusat (isoter). Tempat isoter tersebut tersebar di sembilan titik lokasi di kecamatan.

Upaya dilakukan agar lebih mudah dalam menangani gejala medis yang mungkin muncul selama masa isolasi sehingga cepat mendapat perawatan.

“Pengambilan langkah ini sebagai upaya melindungi seluruh masyarakat, agar lebih mudah melihat gejala medis pada masyarakat,” kata Gus Ipin sapaan akrabnya, Senin (23/8/2021).

Gus Ipin juga menyampaikan, upaya Pemkab itu sekaligus untuk melindungi warga masyarakat, dalam pelaksanaannya para petugas diminta agar lebih dipersuasi dengan baik.

Hal itu dimaksudkan supaya dalam memberikan pelayanan agar bisa mendiagnosa dan bisa mengawasi serta dapat melakukan treatment dengan maksimal.

“Dengan ini kami bisa melakukan tindakan-tindakan agar masyarakat kita ini bisa segera cepat pulih, sembuh dari covid-19,” tegasnya.

Lanjut Gus Ipin, pihaknya mengingatkan pada proses pemindahan agar jangan sampai terjadi konfrontasi, untuk itu perlu adanya komunikasi yang baik dengan masyarakat.

“Jika terjadi konflik di lapangan petugas harus segera dikoordinasi dengan pihak terkait sehingga satgas di tingkat kecamatan atau kabupaten bisa ikut melakukan langkah persuasif,” harap Gus Ipin.

Menurutnya, jika semua itu bisa dilaksanakan warga yang isoman ini kemudian kita persuasi untuk isolasi terpusat. Sehingga harapannya keluarga yang tinggal ini tidak menjadi penyebaran atau klaster keluarga.

Karena mungkin tempat-tempat yang digunakan untuk isolasi mandiri sebelumnya sudah didisinfeksi, rasanya itu nanti lebih aman dan juga mencegah penyebaran virus covid-19.

Juga diminta tim yang turun ke lapangan selalu melaporkan perkembangan serta berharap tidak terjadi sesuatu yang kontra produktif.

“Jangan kasar, beri pengertian yang baik, dipersuasi yang baik lewat tokoh-tokoh masyarakat setempat. Ikhtiarkan ini nanti bisa membawa kebaikan bagi semua,” pungkasnya. (RUDY)