DESA  

Bupati Pelalawan Tinjau Kondisi Sungai Teso Nilo di Desa Lubuk Kembang Bunga

Pelalawan, Nusantarapos – Menindaklanjuti keresahan masyarakat Desa Lubuk Kembang Bunga dan Desa Air Hitam, Kecamatan Ukui yang sering terkena bencana banjir akibat luapan air Sungai Teso Nilo, Bupati Pelalawan H. Zukri melakukan peninjauan kondisi terkini Sungai Teso Nilo. Kegiatan peninjauan ini dilakukan pada Minggu (29/08/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut anggota DPRD Kabupaten Pelalawan, Sudirman, S.Sos dan Parji, Kepala Dinas Perizinan Budi Surlani, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Eko Novitra, Camat Ukui Amri Juharza, Kapolsek Ukui Rifendi, Danposramil Burhanudin, Sekcam Ukui Triarso Jatmiko, Kades Lubuk Kembang Bunga Rusi Chairus Slamet, tokoh adat dan pemuka masyarakat Desa Lubuk Kembang Bunga.

Camat Ukui Amri Juharza pada kegiatan tersebut menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Pelalawan beserta rombongan yang sudah meluangkan waktunya untuk datang melakukan peninjauan kondisi Sungai Teso Nilo.

Ia menambahkan, “Bencana banjir yang terjadi di Desa Lubuk Kembang Bunga dan Desa Air Hitam adalah merupakan banjir tahunan yang hampir setiap tahunnya terjadi bencana banjir. Hal ini selain akibat hutan yang gundul juga diperparah akibat banyaknya sampah dan terjadinya pendangkalan sungai sehingga resapan air sungai tidak maksimal. Oleh karena itu perlu kiranya dilakukan normalisasi Sungai Teso Nilo agar arus air berjalan lancar,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Pelalawan H. Zukri mengatakan bahwa normalisasi sungai Teso Nilo harus dilakukan sesegera mungkin demi mencegah banjir. “Salah satu cara mengurangi luapan air Sungai Teso Nilo dan supaya tidak lagi terjadi bencana banjir di Desa Lubuk Kembang Bunga dan Desa Air Hitam, perlu dilakukan normalisasi Sungai Teso Nilo secepatnya. Karena selain banyaknya sampah kayu, di Sungai Teso Nilo juga terjadi pendangkalan yang mengakibatkan air keluar tidak lancar sehingga air meluap apabila terjadi hujan lebat,” tuturnya.

Ia juga meminta kepada perusahaan-perusahaan yang ada di lingkungan Teso Nilo agar dapat bekerjasama memberikan bantuan dalam melakukan normalisasi Sungai Teso Nilo ini nantinya. (JH)