DAERAH  

Tiga Penghargaan TOP BUMD Awards 2021 Diborong Pemkab Trenggalek

TRENGGALEK,NUSANTARAPOS, – Tiga penghargaan sekaligus kembali diraih Pemerintah Kabupaten Trenggalek, penghargaan pertama diberikan kepada Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin yang dinobatkan sebagai TOP Pembina BUMD 2021.

Kedua diraih oleh PT BPR Jwalita Trenggalek (Perseroda) yang meraih TOP BUMD Awards 2021, BPR – Bintang 4. Sedangkan penghargaan yang ketiga diraih oleh, Dwi Fraidianriani, Direktur Utama PT BPR Jwalita Trenggalek (Perseroda) sebagai TOP CEO BUMD 2021.

“Ajang TOP BUMD Awards ini merupakan kegiatan corporate rating (penilaian kinerja BUMD),” kata Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin, Sabtu (11/9/2021).

Menurut Gus Ipin, ajang ini merupakan ajang terbesar yang digelar oleh Majalah Top Business bekerjasama dengan Institut Otonomi Daerah (i-OTODA) dan beberapa lembaga, asosiasi serta konsultan bisnis lainnya.

Penghargaan sendiri diberikan kepada BUMD-BUMD Terbaik di Indonesia, atas Achievement (prestasi), Improvement
(perbaikan), dan Contribution (Kontribusi) BUMD yang telah dilakukan, terkait kinerja bisnis, layanan, dan kontribusi terhadap perekonomian daerah.

Penghargaan untuk Bupati Trenggalek, BPR Jwalita dan direktur BPR Jwalita ini sendiri diserahkan dalam acara puncak penghargaan Top BUMD Award 2021, Dian Ballroom lantai 11, Hotel Rafles Jakarta.

“Saya senang dengan perkembangan BPR Jwalita, karena konsisten mempertahankan prestasi,” ungkapnya.

Ini menurut Gus Ipin menjadi momentum menyambut kelahiran Jwalita baru, karena sudah berproses melakukan merger. Pria ini berharap akan ada super holding dari merger 2 BPR yang bisa menjadi salah satu solusi untuk kemajuan ekonomi.

Khususnya sektor mikro dan ultra mikro di Kabupaten Trenggalek. Semoga bisa lebih kuat dalam melayani masyarakat.

“Selamat untuk seluruh komisaris, jajaran direksi dan karyawan. Mewakili pemerintah dan masyarakat Trenggalek, tentunya kami bangga,” pungkasnya.

Sementara, Dwi Fraidianriani selaku Direktur Utama PT BPR Jwalita Trenggalek (Perseroda) menuturkan, BUMD yang dinahkodainya berkesempatan mengikuti seleksi penjurian dalam rangka penerimaan penghargaan tersebut.

Dengan mengusung tema “MEROKET KARENA INOVASI” di era kenormalan baru akibat pandemi Covid-19 ini, kami berhasil
mendapatkan apresiasi dan penilaian positif sehingga berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan secara obyektif dan independen, maka Dewan Juri menetapkan Pemenang Penghargaan TOP BUMD Awards 2021.

Trengggalek berhasil meraih Penghargaan kategori TOP Pembina BUMD. Penghargaan ini diberikan kepada Gubernur/ Bupati/ Walikota, yang BUMD-nya mendapat penghargaan di Predikat bintang tertentu.

“Dengan dasar penilaian bahwa keberhasilan BUMD tidak lepas dari peran, kontribusi, dan dukungan Kepala Pemerintahannya,” imbuhnya.

Penghargaan tersebut patut dan layak disyukuri dan dibanggakan, karena PT. BPR Jwalita Trenggalek (Perseroda) berhasil menjadi salah satu terbaik dari lebih 1.150 BUMD di seluruh Indonesia, tandas Direktur PT. BPR Jwalita Trenggalek itu.

Senada, Menteri BUMN, Erick Thohir dalam puncak penghargaan BUMD Award 2021 ini menyampaikan, BUMD adalah tulang punggung ekonomi, sehingga harus eksis dan berkembang.

Pemerintah pusat telah menyiapkan sumberdaya maupun anggaran dalam pemulihan ekonomi nasional. Namun upaya pemerintah pusat saja tidak mungkin, perlu dukungan dan partisipasi pemerintah daerah dalam pemulihan ekonomi tersebut. “Keberadaan BUMD diharapkan bisa menjadi mitra pemerintah daerah. (RUDY)