WISATA  

PPKM Turun Level Dua, Pembukaan Wisata Trengggalek Tunggu Kebijakan Pusat

TRENGGALEK, NUSANTARAPOS – Seluruh destinasi wisata yang ada di Kabupaten Trenggalek masih tutup meski Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sudah turun ke level dua.

Dengan penurunan level dari level tiga ke dua, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Trengggalek masih menunggu aturan dan regulasi dari Instruksi Mendagri (Imendagri) untuk membuka destinasi wisata.

“Terkait pembukaan destinasi wisata, kami masih menunggu aturan dari Imendagri terkait penurunan PPKM level dua,” kata Sunyoto Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Trenggalek, Senin (20/9/2021).

Untuk destinasi wisata saat ini memang sudah bisa dibuka dengan kapasitas 25 persen dari kapasitas optimal destinasi wisata.

“Memang kabar penurunan level itu benar, informasi tersebut disampaikan Dinas Kominfo Jawa Timur serta informasi yang kemarin disampaikan Gubernur,” jelasnya.

Maka dari itu, sembari menunggu turunnya Imendagri, pihaknya telah memulai dengan uji coba pembukaan destinasi wisata sejak hari Jumat – Minggu kemarin. Semua pengelola destinasi wisata telah diberitahu sebelumnya saat penyampaian rapat bersama.

“Sudah kita sampaikan bahwa seluruh destinasi wisata harus menyiapkan diri, mulai tentang pengetatan protokol kesehatan hingga pengetatan pengunjung,” jelasnya.

Termasuk juga mengenai persyaratan pengunjung yang akan masuk di destinasi wisata. Sunyoto menyatakan, hal tersebut masih menunggu pengumuman secara resmi sesuai instruksi pemerintah pusat.

“Intinya kita masih menunggu Imendagri mungkin nanti sore, setelah instruksi turun akan segera kita ditindaklanjuti,” pungkasnya.