Peringati HUT ke-34, IPPAT Selalu Berkarya Demi Indonesia Maju

  • Bagikan
Jajaran PP IPPAT berfoto bersama sekaligus memberikan cinderamata mata kepada perwakilan Kementerian ATR/BPN.

Jakarta, NUSANTARAPOS.CO.ID – Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) telah memasuki usia yang ke-34 tahun, untuk memperingati hari ulang tahun tersebut IPPAT mengadakan syukuran sederhana di OH Center, Jakarta Selatan, Jumat (24/9/2021). Beberapa Pengurus Pusat IPPAT nampak hadir di tempat milik Sekretaris Umum PP IPPAT itu, mereka tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada mengingat saat ini masih dalam suasana pandemi sehingga kegiatan pun dilakukan secara daring dan luring ini juga diikuti para PPAT dari Sabang sampai Merauke.

Ketua Umum PP IPPAT Dr. Hapendi Harahap memberikan potongan tumpeng kepada perwakilan Kementerian ATR/BPN.

Dalam sambutannya Direktur Pengaturan Tanah Komunal, Hubungan Kelembagaan dan PPAT Kementerian ATR/BPN Musriadi Sikumbang, SH., M.Hum., M.Kn., mengatakan PPAT sebagai mitra kerja pemerintah harus terus mengedepankan profesionalitas dalam bekerja. Untuk itu, peran organisasi dalam meningkatkan kapasitas para anggotanya tentu sangatlah besar.

Dia kembali mengingatkan agar segenap pengurus dan anggota tetap memelihara soliditas dan keguyuban. “Jangan lagi ada gugat menggugat. Kepengurusan yang telah terpilih dengan mekanisme yang demokratis haruslah didukung. Di sisi lain, para pengurus juga harus melayani anggota, baik itu secara organisasi maupun peningkatan kapasitas diri,” tambahnya.

Sekretaris Umum PP IPPAT Otty Hari Chandra Ubayani, SH., Sp.N., MH., mendampingi Ketua Umum PP IPPAT Dr. Hapendi Harahap memberikan cinderamata kepada perwakilan Kementerian ATR/BPN.

Utamanya, kata Musriadi, bagaimana kita bisa melayani semua anggota dengan baik.”Tentu bukan perkara mudah melayani lebih dari 21.000 PPAT di seluruh Indonesia. Namun dengan kerja keras pengurus dan dukungan penuh dari pemerintah, yakinlah hal itu akan dapat dilaksanakan,” tuturnya.

Ketua Umum PP IPPAT Dr. Hapendi Harahap mengajak semua PPAT untuk terus membangun kebersamaan dengan prinsip keterbukaan.”Kami terus berupaya membuat program-program yang manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh segenap anggota. Dalam hal ini, PP tidak bisa berjalan sendiri harus ada keterlibatan dari Pengurus Wilayah dan Pengurus Daerah. Mari kita sama-sama membangun IPPAT,” serunya lugas.

Ketua Umum PP IPPAT Dr. Hapendi Harahap sedang memotong tumpeng disaksikan jajaran pengurus.

Tidak itu saja, Hapendi mengingatkan di era teknologi canggih sekarang ini, PPAT juga dituntut untuk terus belajar, meng-update diri dengan ilmu-ilmu yang baru. Belum lagi munculnya sejumlah peraturan yang juga harus segera diadaptasi.”Kami di pusat akan sangat concern untuk bagaimana peraturan-peraturan yang baru bisa segera diketahui rekan-rekan di daerah, baik melalui sosialisasi atau pun website IPPAT,” urainya.

Sementara itu, Sekretaris Umum PP IPPAT Otty Hari Chandra Ubayani, SH., Sp.N., MH., mengapresiasi kinerja para pengurus, baik di pusat sampai ke daerah untuk kerja sama yang terjalin selama ini.”Meski terbilang baru dibentuk, namun pengurus bisa langsung bekerja dengan program-program yang bisa secara langsung dirasakan manfaatnya oleh anggota,” ujarnya.

Pemenang lomba sedang memegang piala di peringatan HUT PPAT ke-34.

Pada kesempatan itu, sebagai bentuk rasa syukur atas pertambahan usia, dilakukan pemotongan tumpeng, hiburan, serta penyerahan piala bagi para pemenang lomba-lomba yang sudah dilaksanakan jauh-jauh hari sebagai rangkaian kegiatan ulang tahun IPPAT. Sebelumnya, diadakan acara penyerahan santunan kepada sejumlah anak yatim piatu.

Dalam sambutannya, Wiwik Rowiyah Ketua Panitia HUT ke-34 IPPAT mengatakan, selama satu bulan penuh telah diadakan berbagai kegiatan, mulai dari webinar safari keilmuan, lomba essai tentang Sejarah IPPAT, pantun, parodi, senam Sajojo dan Maumere. “Semua kegiatan ini melibatkan teman-teman pengurus lintas bidang,” kata Wiwik.

Di HUT ke-34, PP IPPAT berbagi kebahagiaan dengan anak-anak yatim piatu dengan membagikan santunan.

Hapendi berharap kedepan, IPPAT semakin jaya dan terus berkarya mendukung Indonesia maju. Ini sejalan dengan tagline 34 tahun IPPAT yakni, ‘IPPAT Berkarya IPPAT Maju’. Hari jadi IPPAT juga bertepatan dengan Hari Agraria dan Tata Ruang (Hantaru).

Ucapan selamat dari berbagai pihak membanjiri 34 tahun IPPAT tahun ini. Mulai dari Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Wakil Ketua Komisi Yudisial Sukma Violetta, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan A. Djalil, Menkumham Yasonna H. Laoly, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S. Uno, Jaksa Agung Burhanuddin, Dirjen Penetapan Hak dan Pendaftaan Tanah Suyus Windayana, Dirjen Administrasi Hukum Umum Cahyo Rahadian Muzhar.

Jajaran PP IPPAT berfoto bersama anak-anak yatim piatu saat perayaan HUT ke-34.

Ditjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh, Dirjen Peraturan Perundang-undangan BennyRiyanto, Direktur Pengaturan Tanah Komunal Hubungan Kelembagaan dan PPAT Mursriadi, Direktur Pencegahan dan Penanganan Kementrian ATR/BPN Daniel Adityajaya, Direktur Bina Pengadaan dan Pencadangan Nurhadi Putra A.

Direktur Pengaturan Pendaftaraan Tanah dan Ruang Andi Tenri Abeng, Gubernur DKI Jakarta Anies R. Baswedan, Wakil Gubernur DKI Jakarta A. Riza Patria, Mantan Hakim Agung Gayus Lumbun, Mantan Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro dan Dubes AS Rosan Perkasa Roeslani.

  • Bagikan