DAERAH  

Jelang Disahkan, Pansus IV DPRD Finalisasi Ranperda Penyertaan Modal PT. JET

TRENGGALEK, NUSANTARAPOS – Muncul beberapa catatan dalam finalisasi, Panitia Khusus (Pansus) IV bersama tim asistensi Pemda membahas kembali Rancangan Peraturan Daerah tentang penyertaan modal daerah dalam rangka pendirian Perseroda PT. Jwalita Energi Lestari (JET) sebelum diparipurnakan.

Pembahasan tersebut terkait penyertaan modal yang akan diambil dari APBD hingga proses operasional yang akan di targetkan pada akhir tahun ini. Bahkan untuk aset yang telah dimiliki dan akan dialihkan juga kembali dibahas dalam rapat tersebut.

“Jadi ada beberapa hal yang mendasar dalam finalisasi Ranperda kali ini, diantaranya adanya besaran fresh money yang akan di kirim ke PT. JET,” ungkap Sukarodin Ketua Pansus IV DPRD Trenggalek, Kamis (30/9/2021).

Dijelaskan Sukarodin, penyertaan modal yang akan diberikan kepada PT JET nanti akan teebagi menjadi dua. Pertama yakni fresh money, untuk yang kedua adalah lahan atau aset beberapa bangunan milik daerah.

Untuk total jumlah penyertaan modal untuk PT. JET mencapai Rp 11.944.680.000. Total besaran itu terbagi berupa uang cash sebesar Rp 1.030.000.000, sementara yang berupa aset daerah seperti lahan hingga gedung mencapai Rp 10.914.680.000.

“Memang perlu adanya penjabaran secara rinci tentang penggunaan uang tersebut nantinya,” tuturnya.

Namun disampaikan Sukarodin, sementara ini yang di ketahui dari anggaran fresh money yang mencapai satu miliar sekian itu, 250 bakal digunakan untuk membayar Inisial Fee pada Pertamina.

Sedangkan 600 sekian untuk belanja BBM. Lha sisanya, juga akan digunakan untuk initial fee yang memang harus dibayarkan ke Pertamina ketika suatu orang atau lembaga akan mendirikan sebuah SPBU.

“Tidak hanya itu, Inisial Fee juga berlaku bagi seseorang yang pindah tangan yang pemegang sahamnya berbeda,” terang Sukarodin.

Ditegaskannya, nanti di akhir tahun pertama saat sudah beroperasi, akan dihitung ulang kaitannya dengan omset yang terjual selama satu tahun.

Jika nanti pada Inisial fee tadi kurang bayar maka akan ada tagihan pada PT JET, tapi kalau lebih bayar akan ada pengembalian. Dalam proses tersebut pihaknya berharap anggaran yang akan diambilkan dari APBD ini benar-benar sesuai kebutuhan.