TMMD  

Prajurit TMMD 104 dilatih Inseminasi buatan ternak sapi

Lima prajurit Bintara Pembina Desa (Babinsa) di lima desa di kecamatan anggotoa yang merupakan wilayah sasaran TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 104 Konawe dilatih sebagai inseminator buatan hewan sapi  ternak di Dinas Peternakan dan Produksi kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara (Sultra) selama sepekan.

Kelima prajurit terpilih yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) TMMD itu yakni Sersan Hamrullah, Kopral Heriyanto, Kopral Yahya Musi, Kopral Zainuddin dan Kopral Thomas.

Komandan Kodim 1417/Kendari Letkol Cpn Fajar Lutvi Haris Wijaya mengatakan, Inseminasi Buatan hewan ternak sapi, merupakan salah satu program unggulan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 104 Konawe yang digagas Komando Distrik Militer (Kodim) 1417 Kendari bekerjasama pemerintah daerah kabupaten Konawe.

“Inseminasi buatan ini merupakan kali pertama dilakukan dalam program TMMD dan kami merasa bersyukur dan terbantu karena sebagai program unggulan kami, juga dapat membantu meningkatkan hasil peternakan sapi warga yang berimbas pada kesejahteraan masyarakat, juga turut membantu program pemerintah daerah sejuta ekor sapi untuk warga,“ jelas Letkol Fajar Wijaya selaku Dansatgas TMMD di Konawe, Senin (11/3/2019).

Selama sepekan para Babinsa mengenyam pendidikan lanjut jebolan pilot andalan dari Penerbad TNI AD itu,  kelima prajurit tersebut selain mendapatkan teori selama dua hari, juga menerima ilmu tentang praktek menggunakan alat peraga serta tata cara penyuntiukan vitamin terhadap sapi dan hal lain terkait pengembangbiakan sapi ternak milik warga.