DAERAH  

Ini yang Dilakukan KPP Pratama Surabaya Karangpilang Demi Mewujudkan Bela Negara

Surabaya, Nusantarapos – KPP Pratama Surabaya Karangpilang mampu menjalankan amanah kemerdekaan dan mengisinya dengan perjuangan. Salah satunya dengan trus menggelorakan kesadaran pajak.

Sebagai wujud bela negara, KPP Pratama Surabaya Karangpilang melaksanakan kegiatan Tax Goes to Campus. Artinya, memberikan edukasi dan meningkatkan kesadaran pajak pada orientasi kampus. Kali ini, KPP Pratama Surabaya Karangpilang menggandeng Universitas Wijaya Kusuma Surabaya untuk melaksanakan pengajaran perpajakan di gedungnya pada Selasa (12/10) sekitar pukul 09.30-11.30 WIB

Puluhan mahasiswa ikut andil dalam kegiatan tersebut. Antusiasnya besar, sehingga harus dibatasi sesuai aturan dan protokol kesehatan. Semangat kebersamaan untuk mengedukasi perpajakan langsung disuarakan oleh tim Penyuluh KPP Pratama Surabaya Karangpilang, Muchamad Irham Fathoni. Dalam arahanya menekankan pentingnya kesadaran pajak bagi kelangsungan sebuah negara.

Guna mendukung upaya reformasi perpajakan yang berkelanjutan, perlu dukungan semua pihak. Terutama Mahasiswa/Mahasiswi yang akan menjadi Wajib Pajak. Diharapkan generasi muda saat ini lebih memahami peranan pajak dalam pembangunan Indonesia.

Sehingga di masa yang akan datang, tingkat kepatuhan dan tax ratio dapat meningkat. Selain itu, diharapkan membayar pajak dapat menjadi wujud bela negara dengan meneladani sikap gotong royong masyrakat untuk bahu-membahu membangun Indonesi. “karena pajak merupakan alat untuk mewujudkan kesejahteraan dan pemerataan sosial, ” ujarnya.

Disisi lain, Wakil Rektor IV Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Endang Noer Hartati menjelaskan bahwa kegiatan Tax Goes to Campus yang ini sangat bagus karena tujuannya untuk membekali generasi penerus bangsa agar dapat memahami kewajiban perpajakan secara lebih komprehensif.

Pihaknya berharap kegiatan pengenalan pajak yang inklusi seperti ini dapat dilakukan lebih intensif sehingga output yang didapatkan akan lebih masif.

“Semoga terjalin kerja sama yang baik antara Direktorat Jenderal Pajak dengan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya untuk membentuk generasi sadar pajak, ” harapannya.

Sementara itu, Kepala KPP Pratama Surabaya Karangpilang, Eko Radnadi Susetio menjelaskan bahwa kegiatan pengenalan pajak secara inklusif kepada generasi muda melalui kegiatan Tax Goes to Campus hari ini diharapkan dapat membangun kesadaran pajak seluruh mahasiswa UWKS.

Dengan bekal ilmu yang didapat dari kegiatan ini, saya harapkan mahasiswa dan mahasiswa akan mempunyai pandangan dan pemahaman bahwa pajak merupakan suatu hal yang strategis dan vital demi keberlangsungan sebuah negara, sehingga sangat perlu untuk diberikan pemahaman perpajakan sejak dini.

Selain itu sebagai generasi penerus bangsa, sudah saatnya membekali mahasiswa dan mahasiswi mengenai ilmu perpajakan, sehingga di masa depan, para calon pemimpin negeri ini lebih memahami makna penting gotong royong.

“Makna bela negara melalui kesadaran pajak itu sangat penting ditanamkan sejak dini atau di masa remaja. Nantinya akan lebih lagi memahami kewajiban perpajakannya dengan baik. Hasilnya apabila kesasaran pajak bagus, negara akan terbantukan, ” ungkapnya.