Ratusan PKL dan Warung di Trenggalek Terima Bantuan Dampak Covid-19

  • Bagikan

TRENGGALEK – Penyaluran bantuan tunai kepada pedagang kaki lima dan warung terdampak pandemi covid-19 terus dilaksanakan.

Kali ini sekitar 364 PKL dan warung mendapatkan bantuan sebesar Rp 1,2 juta dari TNI/Polri. Para pedagang dan warung ini disasar karena belum tercatat pada bantuan pemerintah.

Dalam hal ini Kasihumas Polres Trenggalek AKP Bambang Dwiyanto menuturkan, penyerahan BTPKLW ini merupakan yang kesekian kalinya. Sedangkan hari ini ada 364 PKL dan warung yang menerima BTPKLW.

Dalam proses pelaksanaannya, masyarakat penerima cukup banyak, penyaluran dibagi menjadi dua sesi yakni pagi mulai pukul 08.00-12.00 Wib dan siang hari mulai pukul 13.00-16.00 Wib.

“Masing-masing PKL dan warung mendapatkan Rp. 1,2 juta,” imbuhnya, Jum’at (15/10/2021).

AKP Bambang juga menerangkan, saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19, AKP, sehingga untuk menghindari kerumunan telah dibuat mekanisme antrian dan ruang tunggu yang cukup luas.

Sehingga lebih tertib disamping wajib menerapkan protokol kesehatan ketat seperti pemeriksaan suhu tubuh, wajib mengenakan masker hingga cuci tangan ditempat yang disediakan.

“Penerima bantuan itu sendiri merupakan hasil pendataan dari Bhabinkamtibmas di masing-masing desa binaan,” ucapnya.

Selanjutnya di validasi kembali menggunakan aplikasi sehingga diketahui bukan merupakan penerima bantuan pelaku usaha mikro (BPUM).

“Agar tidak ada duplikasi bantuan,” ucapnya.

Ditambahkan AKP Bambang, BTPKLW merupakan bantuan tunai dari pemerintah bagi masyarakat terdampak pandemi Covid-19 yang belum tersentuh BPUM dimana penyalurannya dipercayakan kepada TNI/Polri.

Bantuan ini merupakan upaya pemerintah untuk meringankan beban masyarakat sekaligus membangkitkan roda ekonomi ditengah pandemi.

  • Bagikan