DAERAH  

Vaksinasi Kepada Pelajar Terus Digenjot, Trenggalek Targetkan Penurunan Level

TRENGGALEK – Kalangan pelajar di Trenggalek menjadi fokus sasaran vaksinasi Covid-19, pelaksanaan vaksinasi kali ini bertempat di Ponpes Al Ridwan Kelurahan Kelutan Kecamatan Trenggalek, Jawa Timur.

Dalam pelaksanaannya, Polres Trenggalek telah menyiapkan sebanyak 1.200 dosis vaksin. Terdiri dari 970 dosis untuk vaksin ke dua sisanya menyasar bagi penerima vaksin tahap satu.

“Vaksinasi ini merupakan tindak lanjut dari vaksinasi dosis pertama yang telah digelar beberapa waktu yang lalu,” kata Kasihumas Polres Trenggalek AKP Bambang Dwiyanto, Minggu (17/10/2021).

AKP Bambang juga menjelaskan bahwa vaksinasi telah di siapkan total 1.200 dosis vaksin. 970 dosis diantaranya untuk vaksin ke dua.

Fokus sasaran ada pada kalangan pelajar dan santri, karena memang menjadi salah satu prioritas sasaran vaksinasi mengingat pembelajaran tatap muka terbatas di Kabupaten Trenggalek sudah dimulai.

“Vaksinasi ini juga telah dilaksanakan di sejumlah sekolah,” ucapnya.

Tujuannya sendiri disampaikan AKP Bambang agar para pelajar maupun santri memiliki kekebalan tubuh dan menghindari terjadinya klaster baru khususnya dilingkungan sekolah maupun pondok pesantren.

Sedangkan untuk tenaga vaksinator kita siapkan dari Urkes Polres Trenggalek berkolaborasi dengan tenaga kesehatan dari puskesmas.

“Alhasil antisiasme santri maupun pelajar terbilang cukup tinggi, bahkan beberapa diantaranya masih mengenakan seragam sekolah,” tutur AKP Bambang.

Dengan antusiasme dan fokus sasaran ini AKP Bambang berharap pembelajaran tatap muka memang dinilai membuka semangat para pelajar setalah hampir dua tahun mengikuti pembalajaran daring.

Namun, meski sudah diperbolehkan pembelajaran tatap muka, bukan berarti bebas seperti sebelum pandemi. Protokol kesehatan ketat tetap wajib dilakukan. Jangan sampai muncul klaster baru.

Dengan masifnya vaksinasi bagi pelajar dan santri ini proses belajar mengajar dapat berjalan efektif meskipun ada beberapa pembatasan yang wajib dipatuhi sehingga dalam waktu yang tidak terlalu lama, Kabupaten Trenggalek dapat beralih kezona hijau maupun PPKM level 1.

“Perlu dukungan dan komitmen dari semua pihak. Semoga kita semua bisa melewati pandemi ini dengan sehat dan selamat,” tutupnya. (Rudi)