DAERAH  

Dorong Akselerasi Vaksinasi Covid-19, Bupati Trenggalek Bentuk Relawan dari Berbagai Kalangan

TRENGGALEK, NUSANTARAPOS – Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin terus mendorong akselerasi capaian vaksinasi di Trenggalek dengan memberangkatkan relawan yang melibatkan berbagai kalangan dari PKH, PMII, ANSOR, BANSER, dan lain-lain.

Bahkan akselerasi ini juga dilakukan kepada relawan vaksinasi untuk kelompok disabilitas, nelayan, dan petani.

“Upaya pemberangkatan relawan ini untuk akselerasi capaian vaksinasi di Trenggalek,” tegas Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin, Selasa (19/10/2021).

Lanjut Gus Ipin biasa disapa menyampaikan, setelah diberangkatkan, mereka akan bertugas membantu Pemerintah memberikan edukasi kepada masyarakat tentang penting dan amannya vaksinasi.

Ini sebagai upaya meningkatkan kekebalan tubuh terhadap resiko terpapar covid-19. Sedangkan pembentukan relawan ini sebagai upaya kemanusiaan dalam mendorong capaian vaksinasi di Kabupaten Trenggalek.

“Mengingat secara umum apabila dilihat dari assesment Kementerian Kesehatan, Kabupaten Trenggalek masuk kedalam kategori PPKM level 1,” ucapnya.

Diartikan Gus Ipin berarti sudah aman atau dapat diterapkan new normal. Akan tetapi jika berdasarkan Inmendagri, Trenggalek masih masuk kedalam kategori PPKM level 3 karena didalamnya terdapat indikator capaian vaksinasi.

Jika capaian vaksinasi belum 50 persen, maka masuk kedalam kategori level 3. Upaya ini bukan tanpa alasan, agar ekonomi masyarakat segera bangkit dan pulih, serta bisa segera beraktifitas, salah satunya memang harus mendorong vaksinasi.

“Namun problemnya adalah stok vaksinnya, namun kita terus mengupayakan dari berbagai pihak,” terangnya.

Misal seperti saat ini kurang lebih ada sekitar 11 ribu sampai 12 dosis vaksin yang di suntikkan perhari. Dari indikator itu, pihaknya juga berpesan tugas relawan ini untuk segera merapat ke Muspika dan puskesmas untuk menawarkan apabila ada disabilitas.

“Terutama kelompok rentan, nelayan, petani yang perlu dijemput untuk bisa mengedukasi itu sebagai cita-cita dari terbentuknya kerelawanan ini,” tegas Gus Ipin. (Rudi)