DAERAH  

Sasar Lansia, Antar Jemput Jadi Fasilitas Vaksinasi Covid-19 di Trenggalek

TRENGGALEK – Demi mewujudkan akselerasi capaian vaksinasi Covid-19, Polres Trenggalek Jawa Timur kembali melaksanakan pemberian vaksin kepada masyarakat lanjut usia.

Namun ada yang unik dengan pelaksanaan kali ini, dengan menaruh perhatian khusus kepada kelompok rentan, akses vaksinasi dipermudah dan cepat dengan melakukan program antar jemput.

Kapolres Trenggalek AKBP Dwiasi Wiyatputera menyampaikan pihaknya terus mendorong pelaksanaan vaksinasi khusus bagi lansia seperti yang dilakukan kali ini di aula kecamatan Suruh Kabupaten Trenggalek.

Bahkan dalam pelaksanaannya, pihaknya menyediakan layanan antar jemput menggunakan kendaraan dinas untuk memudahkan mobilitas para lansia tersebut.

“Tujuan kami menggelar vaksinasi yang diperuntukkan khusus lansia ini, agar warga lansia tetap sehat dan tidak terpapar Covid-19” ucapnya, Kamis (21/10/2021).

Disampaikan AKBP Dwi, selain akibat komorbit, angka kematian lansia Covid-19 juga relatif tinggi dimana sebagian besar diantara belum di vaksin.

Oleh sebab itu, pihaknya berupaya keras agar para Lansia ini bisa pelayanan kesehatan yang baik termasuk dalam hal akses vaksinasi.

“Alhasil, antusiasme para lansia ini cukup tinggi, namun sebagian terkendala sarana menuju tempat vaksinasi,” terang AKBP Dwi.

Meski demikian, AKBP Dwi menuturkan pihaknya menyediakan layanan mobil antar jemput. Cukup tunggu dirumah di jemput dan antar pulang.

Ditambahkan AKBP Dwi, setelah mendapatkan vaksinasi, semoga para warga lansia memiliki kekebalan sehingga tidak mudah terserang Covid-19.

Bahkan mampu mengurangi tingkat fatalitas serta menekan angka kematian yang disebabkan oleh virus berbahaya tersebut.

“Lindungi Lansia dari covid-19 dengan vaksinasi,” tegasnya.

Sementara itu Suprapto salah satu warga yang mengikuti vaksinasi tersebut mengaku sangat terbantu. Apalagi para warga yang bisa dibilang lansia sudah enggan ikut vaksin apalagi terkendala jarak dan medan.

“Sangat senang tentu dengan adanya pelayanan antar jemput yang telah disediakan,” ungkapnya. (Rudi)