TMMD  

Babinsa TNI Bodeh Pemalang Kawal Distribusi Material TMMD

Pemalang – Pembangunan infrastruktur hadir di Desa Jatiroyom Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang melalui TMMD Reguler 104, guna membantu akselerasi Pemerintah Daerah dalam memeratakan perbaikan, peningkatan bahkan pembuatan sarana umum masyarakat khususnya di daerah/desa terpencil.

Ini merupakan wujud perbantuan TNI di masa damai atau OMSP (Operasi Militer Selain Perang), selain dalam upayanya memberdayakan wilayah dengan peningkatan akses yang nantinya dapat digunakan juga sebagai pertahanan wilayah di darat atau akses mobilisasi pasukan.

Sehingga dalam memacu waktu pelaksanaan TMMD yang hanya 30 hari dan telah dibuka tanggal 26 Februari lalu, para Babinsa TNI dari Koramil 06 Bodeh Kodim 0711 Pemalang memaksimalkan waktu Pra TMMD dengan membantu Pemerintah Desa Jatiroyom, melakukan pengawalan droping material di titik jalan telford TMMD sepanjang 805 meter dengan lebar 2,5 meter.

Diungkapkan Bati Tuud Koramil Bodeh, Pelda Slamet bahwa “Desa Jatiroyom tergolong desa yang cukup maju, hanya saja tertinggal dalam sarana akses transportasi umum di beberapa titik. Salah satunya adalah pendekat ke desa tetangga yaitu Parunggalih. Jalan ini nantinya akan sangat vital bagi sarana peningkatan kualitas SDM baik pendidikan, kesehatan maupun perekonomian,” tegasnya.

Nampak Babinsa bersama Suroso (40) sopir dump truk asal Rt. 04 Rw. 02 Dusun Kaliwadas Desa Jatiroyom memberikan instruksi penaburan pasir dan batu (Sirtu) di titik-titik becek jalan yang akan mengarah ke lokasi makadam/telford. Tak hanya itu, dirinya juga mendata jumlah armada dan volume material TMMD yang telah masuk ke lokasi, bahkan tak segan-segan membantu menaikkan serta menurunkan material tersebut secara manual jika kekurangan tenaga dan menumpuknya armada yang mengantri pembongkaran. Pasalnya jalan ini sementara hanya bisa dilalui roda empat bersimpangan. (Aan Pendim Pemalang/Joko).