WISATA  

Gunung Limo Jadi Emblem Pemkab Pacitan, Tirisanpun Direhabilitasi

PACITAN, NUSANTARAPOS, – Sudah puluhan tahun Gunung Limo menjadi Emblem atau Lambang Pemkab Pacitan sampai sekarang. Pada 13 Oktober 2021 dilakukan rehabilitasi sekitaran bukit dalam rangka pemulihan lahan dan hutan.

Ketua Fordas Nasional, Pepdas KLHK, Forpedas Solo, Fordas Kabupaten Pacitan, BPDAS-HL Solo, Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Pacitan serta Forkomdas kabupaten Pacitan bersama Dinas Lingkungan Hidup Kab.Pacitan menghadiri pelaksanaan penanaman bibit produktif di area Ecowisata Bukit Tirisan yang terletak di kaki Gunung Limo, Desa Mantren Kecamatan Kebonagung.

Rehabilitasi tersebut merupakan upaya untuk memulihkan, mempertahankan, dan meningkatkan fungsinya sehingga daya dukung, produktivitas dan peranannya dalam mendukung sistem penyangga kehidupan tetap terjaga.

“Sumber air yang banyak dijumpai di hutan diperoleh karena akar-akar pepohonan mampu menyerap dan menyimpan cadangan air. Namun sayang, saat ini keberadaan hutan semakin berkurang akibat alih fungsi lahan,” Jelas Kepala Dinas melalui Kasi Perlindungan dan Konservasi lingkungan, Misgianto. (28/10)

Tanaman dan pepohonan mempunyai peran yang sangat vital bagi keberlangsungan ekosistem dan kehidupan manusia. Bahkan tanpa kita sadari bersihnya udara yang kita hirup setiap saat adalah andil pohon yang telah membersihkan udara dari partikel-partikel yang mencemarinya seperti karbondioksida.

Selain memenuhi kebutuhan primer manusia, pohon juga mempunyai nilai ekonomis khususnya tanaman-tanaman produktif yang digunakan sebagai bahan baku industri, bahan bangunan maupun dikonsumsi buahnya oleh manusia.
(DLH Pacitan/Diskom Pacitan/Mj).