DAERAH  

Vaksinasi di Trenggalek, Petugas Jemput Warga Door to Door

TRENGGALEK, NUSANTARAPOS – Vaksinasi di Trenggalek, Petugas Door to Door Jemput Warga

TRENGGALEK, Nusantarapos – Guna mencapai target hert immunity atau kekebalan kelompok, akselerasi vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, terus dilaksanakan.

Kali ini, jajaran Satlantas Polres Trengggalek turut ambil bagian dalam pelaksanaan vaksinasi door to door. Seperti yang digelar oleh Sidokkes Polres Trenggalek, di Desa Ngares dan Kelurahan Ngantru, Kecamatan Trenggalek.

Terlihat, para petugas aktif menjemput warga ke rumah-rumah untuk mendapatkan vaksin. Penjemputan itu dilakukan dengan kendaraan yang telah dipersiapkan secara khusus.

“Dalam langkahnya, para Polantas menyiapkan satu kendaraan khusus yang digunakan antar jemput bagi warga khususnya lanjut usia yang ingin mengikuti vaksinasi,” kata Kanitkamsel Aipda Ali Wibowo, Rabu (3/11/2021).

Menurutnya, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 itu dilakukan di halamam salah satu rumah warga, yang sebelumnya telah memberikan izin. Dibantu dari tim kesehatan dan vaksinator yang dipimpin oleh Kasidokkes, petugas telah lebih dulu menyiapkan keperluan terkait proses vaksinasi.

“Sedangkan tim Satlantas berbagi tugas untuk melakukan antar jemput para warga lansia, maupun warga yang bertempat tinggal jauh dari lokasi pelaksanaan vaksinasi. Jadi, seluruh anggota harus turut andil dalam akselerasi vaksinasi ini,” terang Aipda Ali.

Selain itu, kesempatan tersebut juga dimanfaatkan untuk menyampaikan edukasi terkait dengan protokol kesehatan sebagai proteksi diri agar tidak mudah terpapar Covid-19. Bahkan, pihaknya juga membagikan masker dan paket sembako khusus bagi lansia dan warga kurang mampu yang secara ekonomi terdampak Covid-19.

“Sesuai dengan tugas, kita juga menyampaikan tentang etika dan tertib berlalu lintas. Ibarat kata, sekali dayung dua tiga terlampaui. Sehatnya dapat, keamanannya dapat, bonus wawasan tentang kelalulintasan,” tuturnya.

Atas upaya Satlantas tersebut, sejumlah warga yang mendapatkan pelayanan vaksinasi memberi respon positif, salah satunya Ningsih, warga setempat. Ia mengatakan, kendala yang kerap dikeluhkan adalah terkait dengan mobilitas warga khususnya lansia menuju lokasi vaksinasi.

“Pelaksanaan vaksinasi door to door ini sangat membantu warga,” kata Ningsih, di tempat terpisah.

Di samping itu, pihaknya juga berterima kasih atas program tersebut. Hal itu ia llihat dari langkah jemput bola, sehingga akselerasi capaian vaksinasi agar kekebalan komunal yang diharapkan dapat segera terwujud.

“Banyak mas, ada puluhan warga termasuk lansia yang mengikuti kegiatan vaksinasi ini. Alhamdulillah, masyarakat menyambut baik dan antusiasme juga relatif tinggi,” pungkasnya. (Rudi)