DAERAH  

Akibat Kondisi Kurang Sehat, Irup Hari Pahlawan Digantikan Ka Kimal Lampung

Lampung Utara, Nusantarapos – Akibat kondisi kurang sehat, Inspektur Upacara (Irup) dalam memperingati Hari Pahlawan tahun 2021 oleh Bupati Lampung Utara (Lampura) Budi Utomo. Akhirnya digantikan Ka Kimal Lampung Letkol Laut (PM) M. Firdaus.

Kegiatan upacara yang berlangsung di halaman kantor Pemda setempat, Rabu (10/11/2021), turut dihadiri forkopimda, sekda, anggota DPRD, para Staf Ahli, Asisten, Kepala Organisasi Perangkat Daerah, dan para Veteran.

Meski demikian, dengan mengenakan seragam Putih-putih lengkap dengan atributnya. Bupati Budi tetap mengikuti jalanya upacara dari kursi para tamu bersama para undangan, karena mengingat pentingnya makna dari upacara tersebut sebagai bagian dari sejarah perjuangan Kemerdekaan Negara Republik Indonesia.

Dalam amantan Menteri Sosial yang dibacakan Ka Kimal Lampung menyebut bahwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang diperingati sebagai Hari Pahlawan ini harus menjadi contoh, dengan satu tekad, gigih berjuang dan pantang menyerah tanpa mengenal perbedaan apapun, serta tidak pernah peduli akan keterbatasan atau halangan.

“Kita adalah anak dan cucu kandung para Pahlawan Bangsa. Semangat, tekad dan keyakinan pahlawan, harusnya dapat menginspirasi serta menggerakkan kita semua untuk mengemban misi bersejarah mengalahkan musuh bersama yang sesungguhnya, yaitu kemiskinan dan kebodohan dalam arti yang luas. Hal ini sejalan dengan tema Hari Pahlawan 2021 Pahlawanku Inspirasiku,” kata Letkol Laut (PM) M. Firdaus.

Bangsa Indonesia, sambung Ka Kimal, mempunyai potensi besar dalam memenangkan perang melawan kemiskinan dan kebodohan. Karena Indonesia mempunyai sumberdaya alam yang melimpah dan letak geografis yang strategis. Tantangan terbesar yang dihadapi yakni dibutuhkannya kerja keras secara berkelanjutan dengan didukung inovasi dan daya kreativitas yang tinggi, serta semangat kewirausahaan yang pantang menyerah.

“Tentunya melalui momentum peringatan Hari Pahlawan tahun 2021 ini marilah kita jadikan nilai–nilai kepahlawanan sebagai inspirasi di setiap langkah yang penuh dengan inovasi dan daya kreasi. Setiap orang bisa menjadi pahlawan di bidang apapun dan bahkan bisa pula memulai dengan menjadi pahlawan bagi ekonomi keluarganya dan komunitasnya,” ujarnya.

Pantauan media ini, usai pelaksanaan upacara, dilanjutkan dengan melakukan Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kotabumi. (RH)