Kapolresta Dan Walikota Jayapura Beberkan Kunci Sukses Kamtibmas

JAYAPURA,NUSANTARAPOS,– Kapolresta Jayapura Kombes Pol. Gustav R. Urbinas, S.H., S.I.K., M.Pd., dan Walikota Jayapura Dr. Benhur Tomi Mano, MM., membeberkan kunci sukses keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di kota setempat.

Hal itu disampaikan pada saat dialog interaktif dengan tema ‘Merajut Kesuksesan di Kota Jayapura Bersama Kamtibmas’, yang digelar di Studio 1 LPP Pro RRI Jayapura, Kamis (11/11/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Kapolresta Jayapura Kota mengatakan, situasi Kamtibmas di wilayah Kota Jayapura secara umum aman dan kondusif. Sedangkan untuk kegiatan masyarakat dengan adanya event nasional Peparnas XVI Papua tahun 2021, menurutnya sejauh ini berjalan dengan baik.

“Kegiatan tersebut dapat terlaksana dengan lancar sampai dengan sekarang. Dengan berharap kepada masyarakat Kota Jayapura untuk terus mendukung, sekaligus menjaga situasi kota agar tetap aman, damai dan tentram,” ujarnya.

Menurutnya, untuk merajut kesuksesan di Kota Jayapura kuncinya adalah komunikasi, koordinasi dan kolaborasi. Terlebih, hal tersebut dilakukan dengan tokoh masyarakat setempat, adat dan tokoh agama, untuk saling bersinergi.

”Jadi dengan adanya event nasional maupun daerah atau isu-isu, semuanya harus dibicarakan bersama. Kemudian akan kita ambil langkah-langkah sesuai tugas pokok masing-masing. Sehingga satu persoalan dapat terselesaikan bersama-sama,” jelasnya.

Hal itu, lanjutnya, semua berkat sinergitas yang dibangun melalui komunikasi, kordinasi dan kolaborasi dengan berbagai pihak. Sehingga, harus tetap untuk dipertahankan. “Tentu semua itu berkat dukungan dari masyarakat, yang selama ini sepakat dengan kita agar Kota Jayapura menjadi lebih aman dan damai,” imbuhnya.

Terkait merajut kesuksesan di Kota Jayapura, Walikota mengatakan akan berkomunikasi dan berkoordinasi terlebih dahulu dengan TNI-Polri selaku penanggung jawab Kamtibmas. Di samping itu, hal serupa juga akan dilakukannya dengan berbagai pihak, termasuk tokoh masyarakat.

“Bagaimana kita merajut kesuksesan Kamtibmas di Kota Jayapura, hal yang saya lakukan dengan cara berkomunikasi dan berkoordinasi dengan Kapolresta Jayapura Kota dan Dandim, selaku penanggung jawab Kamtibmas. Serta kepada seluruh stakeholder terkait dan pastinya adalah partisipasi seluruh warga masyarakat,” kata Benhur.

Sehingga, lanjutnya, jika ada isu-isu yang berkembang di tengah masyarakat dapat dengan cepat ditangani. Hal itu, kata dia, terbukti dengan terlaksananya event Nasional PON dan Peparnas yang sementara masih berlangsung, dapat berjalan dengan baik hingga saat ini.

“Pada pelaksanaan PON ini dapat sukses karena kerja kita bersama, bagaimana bisa meredam masalah yang ada sebelum PON dilaksanakan. Sehingga masalah seperti pemalangan venue bisa kita selesaikan dengan cara diskusi bersama, diselesaikan secara adat dan lain-lain,” terangnya.

“Berdasarkan penyampaian dari saudara-saudara kita yang datang dari luar Papua, mereka merasa nyaman selama berada di sini (Papua), dan inilah harapan kita bersama sekaligus menepis isu-isu yang mengatakan bahwa Papua masih belum aman,” sambungnya.

Di samping itu, Walikota mengapresiasi atas kedisiplinan masyarakat dalam menerpakan protokol kesehatan (prokes). Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak lengah akan disiplin protokol kesehatan.

“Data update hari ini yang dirawat di rumah sakit hanya 4 orang dan kita berdoa agar beberapa hari ke depan saudara kita bisa segera pulih kembali dan dinyatakan negatif, sehingga di Kota Jayapura bisa mencapai zero kasus Covid-19. Dan kepada warga Kota Jayapura agar tetap menjaga Prokes, apa lagi jelang Natal dan Tahun baru,” tutupnya.

Penulis: USMANEditor: SIGIT