Dampingi Vaksinasi Lansia, Ini Kata Babinsa Padean Koramil Durenan

TRENGGALEK, NUSANTARAPOS – Kesigapan anggota TNI dalam melayani dan mengayomi masyarakat tidak perlu diragukan lagi. Hal itu terbukti saat membantu warga yang terkena bencana alam dan non alam seperti pandemi covid-19.

Seperti halnya yang dilakukan Serda Kukuh, anggota Kodim 0806 Trengggalek, Jawa Timur. Dalam kamus hidupnya, tidak ada kata lelah dalam melaksanakan tugas, meskipun di tengah pandemi covid-19 yang belum usai. Prinsip itulah yang menjadi pegangan dalam menjalankan tugas apapun.

“Tidak ada kata lelah dalam melaksanakan tugas negara. Kami (TNI) ada di tengah masyarakat untuk menjamin pelayanan dan kenyamanan masyarakat,” ucap Serda Kukuh, saat ditemui Nusantarapos, di sela-sela meninjau vaksinasi lansia, di Puskesmas Durenan, Sabtu (13/11/2021).

Selaku Babinsa Pandean, Koramil 0806/03 Durenan, pihaknya tidak pernah absen dalam mengawal pelaksanaan akselerasi vaksinasi Covid-19, pemberian bantuan pada warga terdampak pandemi covid-19 maupun lainnya, di wilayah binaannya. Pengawalan tersebut, tidak lain guna memberikan jaminan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

Saat ini, sambungnya, pihaknya sedang mendampingi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dosis ke 1 kepada para lansia di wilayah binaannya. Pendampingan tersebut, kata dia, dilakukan secara hati-hati dan selalu memperhatikan faktor keselamatan kepada seluruh peserta vaksin.

“Vaksinasi lansia ini diikuti 75 orang dari Desa Pandean, yaitu mereka yang berusia 60 tahun ke atas yang memiliki resiko lebih tinggi terpapar Covid-19,” katanya.

Namun, bukan hanya mengawal dan memberikan pendampingan saja, pihaknya juga terlibat aktif untuk selalu mengingatkan warga agar tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes). Seperti tetap memakai masker, hingga menjaga jarak aman saat menunggu antrian vaksinasi.

“Diharapkan dengan pendampingan ini, vaksinasi dapat berjalan dengan aman dan lancar, serta masyarakat mendapatkan wawasan,” tukasnya.

Penulis: RUDIEditor: SIGIT