BISNIS  

Yogyakarta Ladang Berburu Oleh-Oleh yang Menarik

Pasar Bringharjo (Foto:Aneka wisata)

JOGJA,NUSANTARAPOS,-Dalam hal pariwisata, Yogyakarta atau Jogja memiliki segudang daya tarik yang menyedot pengunjung datang setiap waktunya. Banyak sekali hal-hal menarik yang membuat orang rela jauh-jauh untuk datang. Contohnya saja unsur budaya yang masih sangat kental, orang-orang Jogja sangat ramah membuat pengunjung jadi betah, dan kuliner yang menggoyang lidah.

Dalam hal transportasi, banyak sekali pilihan yang bisa dipilih. Salah satunya adalah pesawat yang sangat praktis dan tidak memakan waktu. Salah satu maskapai dengan harga terjangkau yang membuka rute ke Jogja adalah Lion Air. Anda bisa cek harga tiket Lion Air di sini, siapa tahu saja sedang ada promo menggiurkan. Jalan-jalan kurang lengkap tanpa oleh-oleh, inilah 6 pasar menarik yang ada di Jogja.

 

  1. Pasar Beringharjo

Paling kondang di antara yang lainnya dan memiliki lokasi yang sangat strategis adalah Pasar Beringharjo. Letaknya satu area dengan Malioboro. Ada banyak sekali hal yang bisa dibeli di sini, mulai dari makanan, aneka batik, kerudung, sampai dengan aksesoris yang khas Jogja.

Tidak hanya lengkap, tempat ini juga menawarkan harga yang cukup terjangkau. Jika Anda merupakan orang yang merasa tertantang dengan tawar menawar, bisa dipraktekkan di sini. Siapa tahu Anda akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah lagi.

 

  1. Pasar Pasty

Pasty merupakan singkatan dari Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta. Alamatnya berada di Jl. Bantul km 1, Gedongkiwo, Mantrijeron, Jogja. Tempat ini dibagi menjadi dua zona, tanaman dan satwa. Anda bisa membeli aneka tanaman hias dan hewan lengkap dengan kebutuhannya. Mulai dari makanan, kandang, dan aksesorisnya.

Jika Anda merasa lelah saat berkeliling, tenang saja di sini ada banyak gazebo yang digunakan untuk istirahat. Pun juga jika merasa lapar, ada foodcourt dengan berbagai menu rumahan yang menggoda untuk dicoba.

 

  1. Pasar Sepeda GAPPSTA

Jika sebelumnya ada pasar khusus tanaman hias dan satwa, kali ini ada yang hanya menawarkan sepeda bekas dan berbagai perniknya. Namanya adalah pasar Sepeda GAPPSTA yang berlokasi di Jl. Mt. Haryono, Suryodiningrat, Mantrijeron, Jogja, di seberang Gedung SMAN 7 Jogja. Jam bukanya mulai pukul 7 pagi sampai dengan 4 sore.

 

Bisa dibilang, segala jenis sepeda bekas ada di tempat ini. Mulai yang keluaran terbaru sampai dengan kuno seperti onthel pun juga ada. Ternyata, awalnya pasar ini adalah sebuah komunitas pecinta sepeda. Seiring berjalannya waktu dengan ide-ide dari anggotanya perlahan-lahan berubah menjadi tempat berburu sepeda bekas. Harganya sangat bervariasi, mulai dari ratusan ribu sampai jutaan.

 

4. Pasar Klitikan

Sementara bagi yang berburu barang-barang antik dan bekas, bisa segera berkunjung ke Pasar Klitikan. Ini merupakan tempat menjual berbagai barang bekas. Untuk kualitasnya, tergantung Anda dalam memilihnya. Harus pandai-pandai dan cermat dalam memilih barang. Siapa tahu Anda akan mendapatkan barang kualitas bagus dengan harga yang sangat rendah.

Pasar Klitikan di Jogja ada di beberapa tempat, namun salah satu yang cukup banyak dikunjungi adalah yang berada di Jl. Hos Cokroaminoto No. 34, Bantul. Bukanya mulai dari jam 10.00 WIB sampai dengan 23.00 WIB.

 

  1. Sunday Morning (Pasar Minggu)

Diadakan seminggu sekali, Sunday Morning Market atau yang disebut Sunmor di Jogja tidak pernah sepi peminat. Jika kebanyakan pasar didominasi oleh ibu-ibu atau bapak-bapak, tidak dengan tempat ini. Pengunjungnya kebanyakan adalah anak muda dan para mahasiswa. Barang yang dijajakan sangat beragam, ada aneka makanan, baju, sepatu, aksesori, bahkan ada pula barang-barang antik dan unik.

Pasar ini dibuka pada hari Minggu mulai pukul 05.00 WIB sampai dengan 11.00 WIB. Tempat jualannya di sekitar Lembah UGM yang lokasi tepatnya berada di Jl. Notonegoro. Selain jalan-jalan berburu berbagai makanan dan barang, orang-orang memang olahraga di sekitaran pasar ini.

 

  1. Pasar Legi Kotagede

Satu lagi pasar yang cukup ikonik di Jogja yang wajib masuk daftar list yang perlu dijelajahi, namanya adalah Pasar Legi. Ini merupakan pasar tertua di Jogja yang telah ada sejak abad ke-16. Alamatnya sendiri berada di Jl. Mentaok Raya, Purbayan, Kotagede, Jogja. Tempat ini bisa dibilang nyaris buka selama 24 jam, dengan pedagang yang berganti-ganti.

Barang yang dijajakan di tempat ini banyak sekali, mulai dari makanan tradisional, peralatan rumah tangga, jamu, bumbu dapur, bahan makanan, rempah-rempah, unggas, sampai dengan berbagai macam fashion. Fasilitas di tempat ini juga banyak, ada parkir, toilet, mushola, pusat kesehatan, kantor pengelola, dan lain-lain.

Saat berada di Kotagede, jangan lewatkan untuk berburu kerajinan peraknya. Ada berbagai benda, aksesoris (cincin, gelang, kalung, anting, dan lain-lain), sampai dengan hiasan rumah. Bisa jadi oleh-oleh untuk sanak saudara yang tidak ikut jalan-jalan.

 

Jika membahas tentang Jogja sepertinya tidak akan pernah habis daya tarik yang ditawarkannya. Oleh sebab itu, segera agendakan waktu untuk jalan-jalan ke Jogja. Untuk tiketnya, Anda bisa serahkan ke Traveloka yang telah berpengalaman dalam bidangnya. Bisa lewat aplikasi atau website. Proses pembayarannya mudah dan cepat, kode booking tiket bisa langsung dikirim melalui SMS dan Email.