Operasi Zebra Cartenz, Kesadaran Tertib Berlalu Lintas Warga Boven Digoel Dinilai Masih Rendah

BOVEN DIEGUL, NUSANTARAPOS, – Di hari kedua Operasi Zebra Cartenz 2021, Kasat Lantas Polres Boven Digoel, Iptu Hariyanto, S.Sos, pimpin langsung pelaksanan operasi.

Dalam operasi yang dilaksanakan di simpang Jalan Bandara, pihaknya masih menemukan sejumlah pelanggar yang tidak disiplin berlalu lintas, terutama penggunaan helm atau pelindung kepala sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI).

“Dari hasil evaluasi pemeriksaan kendaraan roda 2 dan roda 4, bahwa tingkat kesadaran berlalu lintas warga masih rendah, terutama penggunaan helm. Padahal warga sudah paham aturanya dan sering diingatkan Satuan Lalu Lintas saat pengaturan jalan pagi hari,” ungkap Kasat Lantas, di sela-sela kegiatan, Selasa (16/11/2021).

Para pelanggar yang terjaring razia tersebut dikumpulkan di Halaman Polres setempat. Selain dilakukan pengecekan kendaraan, mereka juga diberi edukasi terkait aturan dan tata tertib berlalu lintas, oleh Kanit Dikyasa, Aipda Panji Pramana, SH.

“Masih banyak ditemukan pengendara khusus roda 2 yang tidak pakai helm dan tidak membawa surat kendaran serta ada beberapa pelanggar yang kita berikan tindakan tegas berupa tilang, karena tidak bisa menunjukan kelengkapan kendaraan, tidak menggunakan helm dan tidak mempunyai SIM,” bebernya.

Pihaknya mengimbau kepada warga Kabupaten Boven Digoel untuk tertib berlalu lintas dan mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi.

Penulis: USMANEditor: SIGIT