Kapolri Serahkan Bansos Ke Pekerja Seni yang Terdampak Pandemi di Yogyakarta

JAKARTA, NUSANTARAPOS, – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dalam kunjungan itu, Kapolri menyerahkan bantuan sosial (bansos) kepada pekerja seni, Jumat (19/11/2021).

Adapun bansos yang dibagikan sebanyak 700 paket yang berupa sembako mulai dari beras, minyak goreng, mie instan, gula, susu hingga teh, dengan sasaran seniman Ramayana Balet.

Kapolri mengatakan, pemberian bansos itu diharapkan dapat meringankan beban para pekerja seni yang perekonomiannya terdampak pandemi Covid-19. “Mudah-mudahan bantuan ini dapat bermanfaat bagi seniman yang ada di sini,” kata Sigit.

Dalam kesempatan itu, mantan Kabareskrim Polri ini menyempatkan waktu untuk berbincang dengan pekerja seni, yakni seorang penari. Ia menanyakan kondisi sektor kesenian dan kebudayaan di Candi Prambanan.

Dengan adanya pandemi Covid-19 yang melanda negeri ini, para penari mengaku sangat terdampak. Mengingat, tidak adanya kegiatan pementasan, lantaran ditutupnya objek wisata dan tentunya tidak ada pengunjung.

“Di Yogya juga sepi tidak ada pengunjung. Dan itu berpengaruh sekali karena di Ramayana ini hadirnya pengunjung itu berpengaruh kepada pementasan yang ada di Ramayana Prambanan,” ungkap salah satu penari.

Namun demikian, situasi pandemi yang mulai membaik dalam beberapa waktu terakhir membuka harapan para pekerja seni, terutama pementasan tari yang akan kembali menggeliat.

“Sudah mulai normal walaupun seminggu sekali. Di sini penarinya banyak, jadi harus diganti-ganti agar tak terjadi kesenjangan sosial. Penonton sudah mulai masuk walaupun tidak banyak,” sahut penari lainnya.

Dengan kondisi pandemi yang mulai bisa dikendalikan, Kapolri berharap kegiatan seni dan budaya kembali normal. Namun, mantan Kapolda Banten ini menitipkan pesan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) saat pementasan berlangsung.

Penulis: USMANEditor: SIGIT