DAERAH  

Lantik PC IMM Lampura, Bupati Lakukan Dialog Publik

Lampung Utara, Nusantarapos – Bupati Lampung Utara (Lampura), H. Budi Utomo menghadiri pelantikan Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Lampura periode 2021-2022 di Sekretariat Angkatan Muda Muhammadiyah, Rejosari kabupaten setempat, Rabu (24/11/2021).

Kegiatan pelantikan sekaligus Dialog Publik bertajuk Meneguhkan Kolaborasi Pembangunan Guna Lampung Utara yang Berkemajuan, dihadiri oleh para pemateri, diantaranya Ketua DPRD Lampura, Romli, Kepala Ombudsman Lampung, Nur Rakhman Yusuf, Kepala Bappeda, Andi Wijaya dah Pembina Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Suwardi.

Dalam sambutannya, Bupati Lampura mengatakan bahwa ada dua peran penting yang dimiliki. Yakni, sebagai agent of change atau agen perubahan dan sebagai agent of social control. Dimana peran pertama ini, seorang Mahasiswa haruslah mampu menawarkan perubahan paradigma baru kepada masyarakat mengikuti perubahan zaman.

“Kita tahu bahwa kemajuan teknologi semakin pesat. Karena itu, sekarang ini bukan lagi persoalan Negara Besar menguasai Negara Kecil, tetapi Negara Cepat menguasai Negara Lambat,” kata Bupati Budi.

Terlebih, sambung Bupati, di tengah keterpurukan dunia akibat pandemi Covid-19 sangat diperlukan kecepatan dan kepekaan dalam menangkap sebuah peluang, dengan menyingkirkan berbagai hambatan, salah satunya melalui pemanfaat kemajuan teknologi.

“Disinilah peran Mahasiswa sebagai kaum intelektual muda untuk dapat mendorong masyarakat agar melek teknologi supaya tidak ketinggalan dengan bangsa lain,” ucap Bupati.
 
Sedangkan poin kedua tentang agent of social control, sambung Bupati, bagaimana seorang Mahasiswa harus mampu menempatkan dirinya sebagai kaum tengah, berada di antara masyarakat dan Pemerintah. Pada satu sisi Mahasiswa akan menjadi penyambung lidah rakyat dan pada sisi lain mahasiswa akan menjadi rekan Pemerintah dalam upaya menyukseskan berbagai program yang berimplikasi baik bagi kehidupan masyarakatnya.

“Maka peran inilah yang seharusnya diambil mahasiswa, dimana selain menyuarakan aspirasi masyarakat, juga harus bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemerintah,” jelas Budi.

Untuk itu, Bupati mendorong agar generasi muda dapat eksis mendayagunakan segenap potensi yang dimiliki, dengan tetap menjaga kerukunan dan kedamaian, menjaga persatuan dan kesatuan, serta terus berjuang bersama membangun Kabupaten Lampung Utara agar senantiasa Aman, Agamis, Maju dan Sejahtera.

“Atas nama pribadi dan selaku Pimpinan Daerah Kabupaten Lampung Utara, saya mengucapkan selamat kepada Adik-adik Mahasiswa yang pada hari ini dilantik menjadi Pengurus Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Lampung Utara Periode Tahun 2021-2022,” ujar Bupati mengakhiri sambutannya.

Sementara itu, Ketua Umum PC IMM Lampung Utara Firmansyah Atik, mengaku membutuhkan dukungan dari semua pihak dalam mengemban amanah yang diwariskan dari ketua umum sebelumnya agar roda organisasi berjalan baik. (RH)