DAERAH  

Berbagi Sesama melalui Karpil Peduli

Surabaya, Nusantarapos – KPP Pratama Surabaya Karangpilang, melalui program Karpil Berbagi, melakukan pembagian makanan untuk masyarakat yang membutuhkan di sekitar kantornya, pada Jumat (26/11) pagi.

Kegiatan sosial untuk berbagi kepada sesama ini adalah wujud syukur atas nikmat Nya. Meski hanya hal kecil yang dilakukan dapat memberikan arti dan dampak yang besar bagi orang lain. Kepedulian yang ditunjukkan tidak harus selalu berupa suatu yang besar, kepedulian meskipun kecil akan tetap memberikan makna yang dalam.

Sepanjang tahun lalu dan tahun ini, merupakan waktu yang berat bagi semuanya. Sebab dampak dari merebaknya pandemi covid-19 yang tentunya berimbas pada seluruh aspek kehidupan. Mulai dari kesehatan, pendidikan, dan pastinya ekonomi.

Karpil Berbagi yang diagendakan akan dilaksanakan secara rutin ini diharapkan dapat membantu masyarakat di wilayah kerjanya. Yakni Kecamatan Wiyung, Kecamatan Karangpilang dan Kecamatan Dukuh Pakis, terutama untuk warga yang membutuhkan.

Kegiatan ini tidak hanya diharapkan dapat membantu masyarakat yang membutuhkan, namun juga dapat mendekatkan masyarakat dengan KPP Pratama Surabaya Karangpilang. Sehingga terjalin hubungan yang lebih organis antara KPP Pratama Surabaya Karangpilang dengan masyarakat di wilayah kerjanya.

Selain terus mengembangkan inovasi layanan untuk mendekatkan pelayanan, KPP Pratama Surabaya Karangpilang juga berharap dapat memberikan kontribusi lain yang dapat membantu masyarakat secara langsung dan lebih mendekatkan hubungannya dengan masyarakat di wilayah kerjanya.

Kepala KPP Pratama Surabaya Karangpilang, Ir. Eko Radnadi Susetio dalam sambutan peresmian Karpil Peduli menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah suatu inisiatif yang sangat baik. Selain menumbuhkan sikap keikhlasan dan kepedulian pada seluruh pegawai, kegiatan ini juga memberikan manfaat kepada orang lain yang membutuhkan. Diharapkan melalui program ini, nilai kepedulian dapat ditingkatkan dan juga dapat disebarkan di kehidupan kantor. Sehingga melalui nilai kepedulian, dapat lebih peka dengan rekan kerja, lebih bisa bersinergi antar-pegawai dan dapat peduli serta bertanggung jawab dengan tugas yang diamanahkan.

Kedepannya diharapkan program Karpil Peduli dapat dilakukan secara intensif dan dapat dikembangkan menjadi kegiatan sosial yang lebih besar dan memiliki kebermanfaatan yang lebih luas. Keadaan pandemi saat ini dapat menjadi momentum yang tepat bagi kita semua untuk saling membantu dan belajar lebih peduli dengan sesama. Tidak perlu melakukan sesuatu yang besar, tapi bisa kita mulai dengan melakukan hal-hal kecil. Karena terkadang hanya dibutuhkan satu tindakan kebaikan dan kepedulian untuk mengubah hidup seseorang.

Dicontohkannya, dari kepedulian yang dapat diimplementasikan adalah dengan menjadi Wajib Pajak yang patuh. ” Sebagaimana kita ketahui bahwa tulang punggung penerimaan negara bersumber dari pajak. Sekitar lebih dari 80% penerimaan negara kita bersumber dari pajak. Sehingga dengan kita menjadi Wajib Pajak yang patuh, kita telah berkontribusi besar untuk mensejahterakan Indonesia,” ujarnya. (Afi)