Kalahkan Rekan Satu Klub, Barca Juara Satu Tunas Subur Cup 2021

PACITAN, NUSANTARAPOS, – Barca Al Real Rossy memakai kaos kuning, peserta bulu tangkis kelompok usia 11 tahun keluar sebagai juara pada turnamen bulu tangkis Tunas Subur Cup 2021, setelah mengalahkan lawannya Mohamad Darma Yuda di final.

Kemenangan Barca atas Yuda yang merupakan rekan satu klub di Jeninggar Sari, Desa Bangunsari Pacitan itu, diperoleh dengan dua set secara langsung atau dua kali kemenangan, yakni dengan perolehan skor 21-10 dan 21-19.

Menjuarai turnamen itu, tentunya tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak, baik klub tempat dia berlatih, keluarga maupun lainnya. Ia sangat bersyukur dan berterima kasih kepada semua pihak atas prestasi yang diraihnya sejauh ini.

“Terima kasih kepada kedua orang tua yang selalu mendukung dan memberi suport agar terus semangat dan berprestasi, terima kasih kepada bapak Edy Supangat selaku pelatih yang cukup sabar dan telaten dalam mendidik di setiap latihan, terima kasih kepada bapak kepala sekolah, dan bapak ibu guru yang selalu memberi semangat dan dukungannya, serta terima kasih kepada seluruh rekan atlet yang ada di klub Janinggar Sari,” ucap Barca, kepada Nusantarapos, Sabtu (27/11/2021).

Perjalanan Barca yang saat ini masih berusia 11 tahun itu tentu bukan mudah dan instan. Tapi, ia tekun dan disiplin dalam berlatih. Sehingga, apa yang diraihnya itu juga tidak terlepas dari jerih payah dia selama 3 tahun berlatih, atau sejak usia 8 tahun.

Bahkan, di usia yang masih tergolong anak-anak ini, prestasi itu bukan kali pertama didapat oleh siswa yang saat ini masih bersekolah di SDN Bangunsari Pacitan, tapi yang ketiga sejak 2019 lalu.

“Sudah 3 kali mendapat trophy. Yang pertama juara 3 kelompok umur 11 tahun pada tahun 2019. Di tahun yang sama kelompok umur 11 tahun, mendapat juara 2. Setelah tidak ada kejuaraan karena pandemi dan baru pada tahun 2021 ada kejuaraan kelompok umur usia 11 tahun, alhamdulillah juara pertama,” imbuhnya.

Rasa bangga dan haru juga terpancar pada wajah Siswoyo Hadi, Ketua Klub Jeninggar Sari, atas prestasi atlet binaan klubnya. Menurutnya, capaian prestasi para atlet itu sudah terlihat sejak empat tahun lalu.

“Pencapaian dari para atlet cukup membanggakan sejak berdirinya klub tahun 2017 hingga 2021 ini. Banyak sudah torehan prestasi dari para atlet dari Klub Janinggar Sari, termasuk pencapaian yang diraih oleh Barca Al Real Rosy ini,” kata Siswoyo, di tempat terpisah.

Namun demikian, Siswoyo berharap agar pembinaan pada olah raga bulu tangkis ke depan terus mendapat perhatian kusus, terutama pada usia dini. Hal itu, kata dia, sekaligus memberi peluang bagi para atlet berprestasi untuk terus mengasah kemampuanya pada turnamen-turnamen di luar daerah dan dapat berprestasi pada turnamen yang lebih besar.

“Salah satunya seperti Barca ini maupun yang lainnya. Sehingga, ke depan Pacitan dapat mempunyai atlet bulu tangkis di tingkat nasional,” harap Siswoyo, menambahkan.

Gedung Gasibu, adalah saksi bisu bagi Barca menjuarai turnamen yang digelar atas kerja sama Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Pacitan dengan PT Tunas Subur Pacitan. Kejuaraan itu dilaksanakan selama empat hari, mulai 24 – 28 November 2021.

“Niat kami mengadakan turnamen bulu tangkis ini untuk menyemarakkan HUT Korpri ke 50 dan memberikan semangat kepada atlet-atlet bulu tangkis junior maupun senior yang ada di Pacitan. Kami sebagai sponsor saja,” terang Sugi,Tunas Subur Pacitan, melalui pesan WhatsApp.