DAERAH  

Menteri Bintang Beri Penghargaan Pemkab Lampura

Lampung Utara, Nusantarapos – Dilansir dari Mahan Agung atau Rumah Dinas Gubernur Lampung di Bandar Lampung, Sabtu malam (27/11/2021). Pemkab Lampung Utara (Lampura) menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Kategori Pratama dan Penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Peringkat Pratama.

Kedua penghargaan tersebut, diserahkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP&PA), I Gusti Ayu Bintang Darmawati kepada Bupati Lampura, H. Budi Utomo.

Pantauan media ini, turut hadir dalam acara tersebut, Gubernur Lampung, H. Arinal Djunaidi, Forkopimda Provinsi Lampung, serta para Kepala Daerah se-Provinsi Lampung yang menerima penghargaan KLA dan APE.

Untuk diketahui, penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) diberikan kepada daerah yang memiliki komitmen tinggi terhadap pemenuhan hak anak, yakni, Hak Hidup, Hak Tumbuh dan Berkembang, Hak Mendapatkan Perlindungan serta Hak Partisipasi.

Sedangkan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) merupakan sebuah bentuk penghargaan atas komitmen dan peran para pemimpin Kementerian/Lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui Strategi Pengarusutamaan Gender (PUG).

“Terimakasih atas penghargaan yang diberikan. Keberhasilan ini merupakan komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara dalam Pembangunan Sumber Daya Manusia melalui pemenuhan hak anak dan pengarusutamaan gender di Lampung Utara,” kata Bupati Budi.

Pada acara itu juga dikaksanakan penandatangan komitmen bersama oleh seluruh kepala daerah se-Provinsi Lampung untuk melaksanakan dan mengimplementasikan pengarusutamaan gender (PUG), Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG), Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak Provinsi Lampung serta mewujudkan Lampung menjadi Provinsi Layak Anak (PROVILA) Tahun 2024 melalui terwujudnya KLA se-Provinsi Lampung. (RH)