WISATA  

Launching Watu Mejo Mangrove Park Dan Penanaman Mangrove di Pacitan

PACITAN, NUSANTARAPOS – Setelah melewati proses yang cukup panjang, Kelompok Masyarakat (POKMAS) Jangkar Segoro Kidul akhirnya bisa merealisasikan Launching Watu Mejo Mangrove Park dan Penanaman Mangrove di pinggir pantai perbatasan tanah yang akan dibangun pangkalan TNI AL.

Sekedar diketahui, POKMAS Jangkar Segoro Kidul anggotanya adalah warga Dusun Kiteran yang dibina oleh Eddy Bhaskoro Yudhoyono. Mereka menerima bantuan traktor, perahu nelayan, combi, mendirikan Pokmas sampai terwujudnya acara pada hari ini, Minggu (28/11/2021).

Hadir pada acara launching dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB Pusat), Pemprov Jatim, Forkopimda, Bupati Pacitan Ketua DPRD Kab. Pacitan, warga Kiteran dan sekitarnya. Acara diawali dengan beberapa sambutan dan dilanjutkan kesenian hadrah setempat sampai selesai.

Usai acara hiburan rombongan menuju tempat pemotongan pita dan penandatanganan Prasasti oleh CEO Rumah Zakat di wilayah Dusun Kiteran. Kemudian dari dermaga, rombongan melanjutkan naik perahu menuju mangrove park.

Kegiatan seremonial ini ke depan bertujuan menjadi tolok ukur industri pariwisata nasional bahkan internasional. Untuk mengawali itu semua, agenda program Pokmas yang sudah direncanakan seperti wisata kuliner yang akan diisi jenis makanan asli Pacitan, Wisata bahari, Wisata hutan mangrove dan seterusnya.

“Mimpi Pokmas Kiteran nampaknya menjadi kenyataan setelah adanya kehadiran Rumah Zakat sebagai pihak yang membatu dalam mengembangkan usahanya. Pokmas berharap baik saat ini dan ke depannya Rumah Zakat bisa mendorong untuk mencapai sukses,” kata Bambang Sulisetiono bendahara Pokmas Jangkar Segoro Kidul.

Masih menurut Bambang, “Kita tidak melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Pacitan bahkan kita yang mempunyai kegiatan ini. Sangat disayangkan BPBD Kab. Pacitan terkesan mendominasi dan mengatur acara Pokmas, baik itu di dusun Kiteran maupun di seputaran Watu Mejo Mangrove Pak,” paparnya.

Dirinya bersyukur, suksesnya acara ini tidak terlepas dukungan dari masyarakat, Rumah zakat dan yang lainnya. “Terima kasih kepada semua yang hadir pada acara ini, kita akan menunggu episode selanjutnya,” tutup Bambang.