DAERAH  

Peringati Puncak HKN, Dinkes Tulungagung Launching Program Unggulan

TULUNGAGUNG,NUSANTARAPOS,-Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tulungagung melaunching beberapa program unggulannya. Dimana, peringatan puncak HKN tersebut digelar di ball room Crown Victoria Hotel pada Rabu (1/12/2021).

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Tulungagung Gatot Sunu Wibowo, Ketua TP PKK Tulungagung Siyuk Maryoto Birowo, Direktur RSUD dr Iskak Tulungagung dr Supriyanto Dharmoredjo, Sp.B M.Kes. Ketua Komisi C DPRD Tulungagung Asrori, dan perwakilan puskesmas dibawah naungan Dinkes Tulungagung.

Kepala Dinkes Kabupaten Tulungagung dr Kasil Rokhmad, MMRS mengatakan sebelumnya pihaknya sudah memiliki aplikasi yang bernama SIKESTA (Sistem Kesehatan Tulungagung), dengan adanya SIKESTA ini bertujuan untuk memonitoring pelayanan kesehatan masyarakat Tulungagung.

Namun ternyata di dalam aplikasi tersebut, pihaknya masih merasa kesulitan untuk merinci macam- macam pelayanan kesehatan yang dibutuhkan. Karena hal itu pihaknya kembali membutuhkan program tambahan yang kemudian diberi nama Executive information system (EXIS). Dimana program EXIS ini dikhususkan untuk sistem informasi manajemen yang bisa dimanfaatkan oleh para pemangku kebijakan di Dinkes.

“Dengan adanya program ini memudahkan kami untuk memonitoring kinerja dan pelayanan seluruh fasilitas kesehatan (faskes) di Tulungagung,” jelasnya.

Kasil melanjutkan selain untuk tujuan itu, program EXIS ini berguna untuk menurunkan angka kesakitan di Tulungagung. Maksudnya, dengan rincinya program ini pihaknya bisa melihat orang yang berisiko menderita penyakit tertentu, seperti darah tinggi atau hipertensi.

“Tujuannya agar bisa menurunkan angka penyakit stroke. Karena kita sudah melakukan edukasi ke para penderita hipertensi,” ujarnya.

Program ini juga bermanfaat untuk para ibu hamil (bumil), dengan adanya EXIS pihaknya bisa memetakan kesehatan untuk bumil agar bisa menurunkan resiko angka kematian ibu (AKI). Begitu pula dengan kesehatan anak- anak.

“Para bidan desa bisa menggencarkan sosialisasi door to door ke rumah warga,” tandasnya.

Selain melaunching program EXIS. Pihak Dinkes juga memberikan penghargaan kepada para tenaga kesehatan yang telah berperan dalam penanggulangan Covid-19.