TMMD  

Ada Kampung KB di Pemalang Yang Akan Terbebas Dari Isolasi

Pemalang – Desa Parunggalih Kecamatan Bodeh selama ini merupakan daerah terjauh jarak dari pusat pemerintahan kecamatan. Jarak 26,5 kilometer dan 56 menit harus ditempuh warganya melewati Puskesmas Rawat Jalan Jatiroyom hanya untuk mengurus administrasi ke Kantor Kecamatan.

Sedangkan ke Puskesmas Rawat Jalan Jatiroyom harus menempuh waktu 40 menit 18 kilometer. Terisolasi jarak dan waktu tempuh inilah rupanya yang membuat penduduknya mandiri dengan membatasi kelahiran dalam keluarga, semua demi efisiensi.

Dengan hadirnya TMMD Reguler 104 Kodim 0711 Pemalang, jarak untuk mendapatkan berbagai pelayanan umum, baik pendidikan, kesehatan dan ekonomi coba dipangkas dengan pembukaan jalan baru dan di Makadam sepanjang 805 meter dan lebar 2,5 meter, membangun Jembatan Limpas Kali Bacin (20 x 3,5 meter) serta rabat beton (919,5 meter lebar 2,5 meter dan ketebalan 20 centimeter).

Namun bukan berarti setelah terkoneksi jalan baru (4 kilometer 10 menit), warganya bisa menambah jumlah kelahiran, melainkan meningkatkan SDM dan pelayanan medis terdekat. Terlihat Gapura Kampung KB dan foto Kopda Mulyo, anggota Tim Jurnalis TMMD lapangan bersama Warsiti (45) anak tiga, Murni (31) anak dua dan Taisah (34) anak satu.

Secara umum, tujuan dibentuknya Kampung KB ini adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program KKBPK serta pembangunan sektor terkait lainnya dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas. (Aan Pendim Pemalang).