DESA  

141 Kades Terpilih, Dilantik Bupati Budi

Lampung Utara, Nusantarapos – Sebanyak 141 Kepala Desa (Kades) terpilih hasil Pilkades Serentak di 23 Kecamatan yang digelar 8 Desember 2021 kemarin dilantik Bupati Lampung Utara (Lampura), H. Budi Utomo, di GOR stadion sukung Kotabumi kabupaten setempat, Senin (20/12/2021).

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Para Kades untuk periode 2021-2027 itu, dihadiri Forkopimda, anggota DPRD, Kepala Pengadilan Negeri Kotabumi, Kejari, Dandim 0412/LU dan Kapolres Lampura.

Bupati Lampura mengingatkan bahwa kata sumpah yang diawali dengan kata Demi Allah, saat pelantikan dan pengambilan sumpah memiliki makna yang sangat mendalam dan pertanggungjawaban yang sangat besar.

“Saudara sekalian telah mengikat janji dengan Allah SWT atau Tuhan Yang Maha Esa akan menjalankan tugas sebagai Kepala Desa dengan penuh tanggung jawab. Karena itu maka amanah ini harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, karena nantinya akan dipertanggungjawabkan kepada masyarakat, Pemerintah dan terlebih lagi kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa,” kata Bupati Budi.

Untuk itu, Bupati minta kepada para Kepala Desa yang telah dilantik agar segera mempelajari peraturan perundang-undangan. Pahami tugas, kewajiban, dan wewenang sebagai Kepala Desa. Pelajari dan perhatikan setiap perubahan regulasi atau kebijakan dari Pemerintah, baik dari Pemerintah Pusat, maupun Pemerintah Daerah.

“Jalinlah komunikasi dan koordinasi yang lebih baik lagi dengan lembaga-lembaga desa dan para Perangkat desa, termasuk dengan tokoh masyarakat, tokoh adat dan seluruh elemen masyarakat,” ujarnya.

Mengakhiri sambutannya, Bupati Lampura meminta untuk melupakan perbedaan yang mungkin pernah ada. Galang persatuan dan kebersamaan, rangkul semua pihak. Jangan mudah merombak personil perangkat desa hanya karena perbedaan pilihan.

“Jika memang benar-benar dibutuhkan adanya pembenahan sumber daya aparatur desa, maka harus dilakukan sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku,” pesan Bupati Budi. (RH)