Universitas Wijaya Putra Berikan Pendampingan Usaha Sambal Botolan

  • Bagikan

GRESIK,NUSANTARAPOS,– Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) Universitas Wijaya Putra (UWP) Surabaya kembali bermitra dengan pelaku usaha mikro dan kecil. Kali ini, produk mitra yang dipilih berupa sambal botolan dengan merek Sambel “Bu Ridwan” dari Desa Mulung Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik. Trisa Indrawati, SE., MM., ketua tim pelaksana pengabdian masyarakat menyebut jika pelaksanaan kegiatan PPM ini berlangsung selama bulan Juli hingga Agustus 2021. “Bersama dengan Iful Novianto, SH., MM. dan 2 orang mahasiswa Fahmi Fahrizal P. dan Fitri Mega L., kegiatan PPM ini didanai dan didukung oleh Universitas Wijaya Putra, Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis beserta LPPM UWP” ujarnya, Kamis (28/9).

Adapun, lanjut Trisa, mitra yang bernama Rizky Savira ini telah mendapatkan beberapa kemanfaatan dalam rangka meningkatkan pertumbuhan bisnis. Di antaranya pengadaan alat pengemasan yang dapat menutup produk dengan rapat dan tepat yang berupa mesin induksi sealer untuk kemasan botol. “Dengan adanya mesin induksi sealer, kami berharap produk mitra yang berupa sambel botolan tidak lagi merembes atau bocor ketika dipasarkan. Ketika uji coba penggunaan mesin induksi sealer dan pendampingan proses pengemasan kemarin sudah tidak ada lagi minyak sambal yang merembes keluar. Mitra juga mendapat pelatihan dan pendampingan pencatatan keuangan dan penghitungan biaya produksi” tambahnya.

Sebagaimana beberapa hasil penelitian menyebutkan bahwa kadar vitamin C pada cabai rawit (yang merupakan bahan baku utama produk mitra) cukup tinggi. Bahan baku lainnya juga memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, seperti bawang merah yang mengandung senyawa fitokimia memiliki efek farmakologis dalam penyembuhan penyakit. Senyawa organosulfur pada bawang merah seperti kuersetin dan allisin juga bermanfaat dalam penghambatan infeksi virus. Tentunya “Sambel Bu Ridwan” ini merupakan produk usaha yang menjanjikan ketika kondisi pandemi seperti ini.

Penulis: AGUS
  • Bagikan