DAERAH  

Dosen UWP Surabaya Memberikan Pelatihan Kepada Para Pekerja Wisata Alam Gosari (WAGOS) Gresik

SURABAYA,NUSANTARAPOS,- 2 orang dosen Universitas Wijaya Putra (UWP) Surabaya  Aminatuzzuhro, S.E., M.Si. danAndi Iswoyo, S.E., M.M. bersama 2 orang mahasiswa (Septian Dwi Rahayu dan Dwi Candra P. K.) dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UWP memberikan pelatihan team work kepada para pekerja Wisata Alam Gosari (WAGOS) Gresik.

Pelatihan tersebut merupakan salah satu program dari pelaksanaan pengabdian pada masyarakat (PPM) yang diselenggarakan mulai bulan Juni hingga Agustus yang lalu.

Selain pelatihan team work, Aminatuzzuhro dan tim juga mengadakan pelatihan manajemen keuangan yang diberikan kepada bendahara WAGOS Mifatchul.

Pelatihan team work tersebut dilakukan dengan menggunakan pendekatan permainan tim. Adapun permainan tim yang digunakan adalah “All Standing Up” dan “Bola Bergulir,” dengan jumlah peserta sebanyak 20 orang yang merupakan para pekerja WAGOS dan beberapa diantaranya adalah pengurus BUM Desa Gosari.  “Keseluruhan permainan tersebut merupakan permainan tim, setiap tim harus terdiri dari minimal 2 orang, sehingga para peserta dituntut sabar, lebih disiplin, saling bekerja sama dan saling memahami antar sesama anggota tim agar permainan dapat diselesaikan dengan baik,” Jelas Aminatuzzuhro.

 

Ia menambahkan,  melalui pelatihan manajemen keuangan, kami berharap ada peningkatan kemampuan atau kompetensi bendahara WAGOS dalam melakukan pencatatan akuntansi dan pengelolaan keuangan, sehingga dapat berimbas pada efektivitas penggunaan dana baik dalam rangka perbaikan dan pengembangan fasilitas usaha wisata.

Selain memberikan pelatihan, Aminatuzzuhro, S.E., M.Si. dan Bapak Andi Iswoyo, S.E., M.M. juga menghibahkan perlengkapan kebersihan yang terdiri dari tempat (bak) sampah dan papan tanda (sign board) himbauan menjaga kebersihan bagi para pengunjung WAGOS.

“Kebersihan di area Wisata Alam Gosari sebenarnya sudah cukup terjaga, namun ketika dilakukan survey sebelumnya, kami menilai masih ada beberapa spot area yang belum terdapat tempat (bak) sampah. Sehingga kami sepakat untuk menghibahkan beberapa tempat (bak) sampah beserta sign board himbauan menjaga kebersihan. Keberadaan tempat (bak) sampah dan papan tanda (sign board) yang memadai dapat menjadi faktor pendorong agar pengunjung wisata membuang sampah pada tempatnya, dan tentunya kebersihan WAGOS akan lebih terjaga,” Tutur Andi Iswoyo.

Tak lupa Andi Iswoyo mengucapkan terima kasih kepada para pihak yang mendukung pelaksanaan pengabdian masyarakat ini sehingga dapat berjalan lancer dan sesuai rencana.

“Kepada Bapak Fathul UIum selaku Kepala Desa Gosari, Bapak Mujib Ridlwan selaku Kepala BUM Desa Gosari, Bapak Misbahuddawam selaku Ketua Pengelola WAGOS. Juga kepada Universitas Wijaya Putra, khususnya Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis beserta LPPM UWP yang telah mendukung dan mendanai kegiatan ini. Serta terima kasih kepada segenap pihak yang sudah membantu kami,” pungkasnya.

Penulis: AGUS