DAERAH  

Enam OPD Pengampu Desa Wisata Dapat Hadiah dari Bupati Trenggalek

Penyerahan apresiasi berupa uang pembinaan oleh Sekda Trenggalek

TRENGGALEK,NUSANTARAPOS, – Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin memberikan apresiasi terhadap enam organisasi perangkat daerah (OPD) sebagai pengampu desa wisata terbaik tahun 2021.

Apresiasi itu dimaksudkan untuk memberikan semangat dalam melaksanakan kegiatan sesuai dengan visi misi pemerintah kabupaten.

Apresiasi berupa hadiah dari Bupati Trenggalek itu diserahkan langsung Penjabat (Pj) Sekda Trenggalek Anik Suwarni bertempat di Aula Sekretariat Daerah Trenggalek, Kamis (20/1/2022).

“Selamat kepada enam OPD yang telah mendapatkan apresiasi dari Bupati, ini bertujuan untuk memberikan semangat kerja,” kata Anik mewakili Gus Ipin selaku Bupati Trenggalek.

Dijelaskannya, OPD yang mendapatkan apresiasi Bupati Arifin itu diantaranya Dinas Pertanian dan Pangan, mengampu Desa Pakis, Kecamatan Durenan. Kemudian Dinas Pariwisata yang mengampu Desa Wisata Ngulung Kulon, Kecamatan Munjungan.

Selanjutnya Dinas Perikanan mengampu Desa Wisata Masaran. Kemudian Dinas PMPTSP, BKD dan terakhir Setwan.

“Hadiah tersebut berupa uang pembinaan agar menjadikan motivasi kepada OPd pengampu tersebut,” ungkapnya.

Anik menambah, terutama memotivasi desa wisata untuk lebih semangat lagi mewujudkan desa wisata yang semakin meroket. Artinya nanti uang pembinaan ini akan disampaikan sebagai sarana untuk melakukan pembinaan di desa wisata.

Kedepannya akan ada mengintegrasikan desa SDG’s mendukung desa wisata dan desa wisata mendukung SDG’s. Artinya keduanya berkolaborasi untuk saling mendukung dan itu pasti akan menjadi sarana Trenggalek meroket.

Pasalnya pariwisata meroket menjadi salah satu bagian dari roket-roket pembangunan di Kabupaten Trenggalek dalam rangka menjalankan RPJMD 2021-2026.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek, Drs. Soenyoto menyampaikan ini sesuatu yang sangat luar biasa.

Pihaknya tidak menyangka OPD pengampu desa wisata yang terbaik itu akan mendapatkan apresiasi dari Bupati. Ini wujud perhatian beliau terhadap desa wisata memberikan apresiasi dari uang pribadi.

Sebagai OPD yang ikut mendapatkan apresiasi, tentunya hadiah ini akan kami pakai untuk memotivasi desa wisata yang kita bina untuk bisa membuat atau menciptakan sesuatu di desa wisata itu.

“Rencananya akan ada 35 desa wisata yang diorbitkan kembali. Nantinya ke-35 desa wisata itu juga akan diadopsi kembali oleh OPD yang ada,” pungkas Sunyoto.

Penulis: RUDI