TMMD  

Pentingnya peduli terhadap pencemaran udara

Pelestarian hutan menjadi salah satu target dalam program TMMD yang ke 104 Kodim 1407/Bone Tahun Anggaran 2019 di desa Lallatang Kec.Dua Boccoe Kab.Bone.
Selasa (12/03)

Guna untuk memberikan pembelajaran dan pengembangan wawasan bagi masyarakat, Kodim 1407/Bone bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kab. Bone melaksanakan sosialisasi pelestarian lingkungan hidup di Desa Lallatang Kec.Dua Boccoe.Atas arahan Dandim 1407/Bone Letkol Inf Mustamin, kegiatan sosialisasi ini menghadirkan pemateri dari Dinas Lingkungan Hidup,Kehutanan dan Keanekaragaman Hayati dari Pemkab Bone.Kemudian, unsur Kodim 1407/Bone yaitu Pasiter Kodim 1407/Bone Kapten Inf Kamaluddin,Sosialisasi ini dihadiri puluhan warga dan berbagai elemen masyarakat lainnya, termasuk tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat setempat.

Pembawa materi mengupas berbagai hal berkenaan dengan pelestarian lingkungan diantaranya menjalankan progam penanaman seribu pohon. Sebab, bencana alam seperti banjir, tanah longsor, dan rob bukan terjadi begitu saja.”Bencana ini utamanya terjadi karena kurangnya daerah resapan air hujan akibat penggundulan hutan. Alih fungsi hutan menjadi lahan pertanian dan bangunan membuat tanah menjadi lemah dalam menyerap air. Akibatnya lapisan tanah terkikis dan terjadilah erosi. Dengan adanya erosi terus menerus dan tidak adanya penahan tanah, maka longsorpun mudah terjadi. Begitu juga dengan terjadinya abrasi. Maka, pemerintah menggulirkan program penanaman seribu pohon,” ungkapnya

Pembawa materi juga berpesan masyarakat hendaknya mengurangi pencemaran udara. Sebab, dampak pencemaran udara bukan hanya menimpa manusia tetapi juga unsur biotik dan abiotik di lingkungan hidup.     “Pencemaran udara utamanya berasal dari asap kendaraan bermotor dan pembakaran hutan secara sembarangan, dinilai juga berbahaya bagi kita,”

Saripa salah seorang warga Desa Lallatang sangat mengapresiasi bimbingan penyuluhan yang dilaksanakan oleh TNI. Khususnya  dalam kegiatan non fisik TMMD yang ke 104 Kodim 1407/Bone”Kegiatan penyuluhan seperti ini sangatlah berarti bagi kami. Kan dengan adanya penyuluhan ini, kami jadi banyak tahu tentang pelestarian lingkungan hidup dan cara hidup bersih. Ini sangat baik dan bermanfaat untuk menambah wawasan dan merubah pola pikir kami,” ujar dia.

 Dandim 1407/Bone Letkol Inf Mustamin melalui Perwira Seksi Teritorial mengungkapkan upaya pelestarian lingkungan hidup harus dilakukan oleh seluruh masyarakat bukan hanya pemerintah.Sebab, sebanyak apapun usaha pemerintah dalam melestarikan lingkungan hidup akan percuma, apabila tidak diimbangi dengan usaha dari masyarakat. “Masyarakat perlu menyadari bahaya tidak melestarikan lingkungan bagi kehidupannya. Untuk itu, maka akan ada tindakan jelas dalam pelestarian lingkungan hidup. TNI memandang sangat penting keseimbangan alam ini, maka kita bersama rakyat tetap memperhatikan kelestarian lingkungan ini,” ungkapnya